EKONOMI

Kamis, 14 Juni 2018 | 17:18 WIB

Hindari Kebakaran, Ini Himbauan PLN untuk Pemudik

Indra Hendriana
Hindari Kebakaran, Ini Himbauan PLN untuk Pemudik
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Pulang kampung atau mudik Lebaran sudah menjadi tradisi bagi perantau. Tapi, sebelum meninggalkan rumah, perhatian sejumlah hal khususnya terkait aliran listrik.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Barat Haryanto mengimbau pemudik harus pastikan instalasi kelistrikan di tempat tinggalnya baik.

Apabila pemudik ingin mematikan total arus listrik di rumah mereka sebaiknya mematikan lewat MCB (Miniature Circuit Breaker). Akan lebih aman bila melalui MCB. Tips pertama instalasi harus keadaan baik. Kedua, alat listrik dimatikan bila bisa langsung dari MCB, kata Haryanto, Jakarta, Rabu (13/6/2018).


Kemudian, apabila pemudik tidak mau mematikan semua lampunya, mereka harus memastikan isi token listriknya ada atau membayar terlebih dahulu tagihan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. Pasalnya, bila tidak PLN akan melakukan tindakan. Sebelum mudik isi pulsa listrik atau bayar listrik lebih awal karena nanti pulang sebelum tanggal 20 nanti diputus, kata dia.

Ia menyarankan, untuk menghemat biaya listrik beberapa peralatan elektronik yang sekiranya tidak diperlukan, seperti televisi (TV), radio dan dispenser dicabut alias diputus aliran listriknya.

Sebab peralatan tersebut berisiko menyebabkan kebakaran bila tidak dicabut dari saklarnya. Kalau TV nggak perlu nyala dicabut dari saklarnya, radio dan dispenser. Kalau tidak dicabut ada alat yang nyala ada bahaya kalau alat rusak konslet bisa kebakaran, ujar dia. [ipe]

#PLN #ArusMudik2018 #Listrik
BERITA TERKAIT
PLN Jamin tak Ada Byarpet di Pilkada Sulut
Gerak Cepat PLN Minahasa Beresi Gangguan Listrik
Bendera Pildun Dekat Jaringan Setrum, PLN Miris
PLN Targetkan Rasio Elektrifikasi NTB 100% di 2020
Besi Penyangga Dicuri, Tower PLN Roboh di Kerinci
Ganti Rugi Pembebasan Lahan PLTA Batangtoru Tuntas
Asian Games Naikkan Beban Setrum 500 MW, PLN Siap

ke atas