MOZAIK

Kamis, 05 Juli 2018 | 01:11 WIB

Hak Badan

KH Abdullah Gymnastiar
Hak Badan
(Foto: SMSTauhiid)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menolong seluruh makhluk, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selamat di dunia dan akhirat. Sholawat dan salam semoga sellau tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An Nahl [16] : 18)

Allah Swt menciptakan kita sebagai makhluk dengan wujud yang sebaik-baiknya, lengkap dan penuh potensi. Badan kita ini adalah karunia yang sangat berharga. Begitu kompleks, detail, fungsional dan tiada terkejar kemutakhirannya oleh teknologi apapun. Maasyaa Allah!

Setiap karunia dari Allah wajib untuk kita syukuri. Dengan cara bersyukurlah karunia itu akan menjadi nikmat bagi kita. Mensyukuri karunia badan ini kita lakukan dengan menjaga kesehatannya, menjauhkannya dari hal-hal yang bisa merugikan atau merusaknya. Berupaya untuk olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan atau minuman yang bermanfaat bagi kesehatan sehingga peluang untuk sakit bisa diminimalisir. Dan, kalaupun kemudian badan kita sakit maka kita berupaya memeriksa dan mengobatinya agar mendapatkan lagi kesembuhan.

Ketika sehat, perhatikanlah hak-hak dari badan kita ini. Boleh jadi semangat kita menggebu-gebu, keinginan kita untuk bekerja sangat tinggi. Bahkan ada sebagian orang yang rela banyak begadang demi pekerjaannya. Tidak ada yang salah dengan semangat seperti demikian.

Akan tetapi, upayakanlah untuk bersikap adil dan seimbang. Tubuh kita punya hak, maka penuhilah hak-haknya agar ia senantiasa sehat. Kesehatan tubuh akan menunjang aktifitas ibadah kita kepada Allah Swt. dalam bentuk belajar, bekerja, maupun menunaikan ibadah mahdhoh kepada-Nya.

Marilah kita bersikap bijak terhadap badan kita ini. Syukuri setiap karunia Allah Swt., termasuk badan kita ini dengan cara menjaga dan merawatnya agar sehat dan kuat. Allah Swt. lebih mencintai muslim yang kuat daripada muslim yang lemah, meski pada keduanya terdapat kebaikan. WAllahualambishowab. [smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Mensyukuri Nikmat dari Allah
Disiplin Melakukan Kebaikan
Cinta Dunia
Bersihkan Hati
Menjemput Rezeki Dengan Berkah
Ilmu yang Menyinari
Amal Kecil Bernilai Besar

ke atas