EKONOMI

Rabu, 27 Juni 2018 | 08:05 WIB
Highlight

Kondisi Jalan 90% Sukses Layani Arus Lebaran 2018

Wahid Maruf
Kondisi Jalan 90% Sukses Layani Arus Lebaran 2018
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono (Foto: Inilahcom)
1


INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, secara umum jalan nasional sepanjang 48 ribu kilometer dapat dilalui arus mudik dengan kondisi kemantapan 90 persen.

Selain itu jalan arteri nasional, jalan tol di Pulau Jawa yakni dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 995 kilometer juga dapat digunakan arus mudik. Jalan tersebut dapat dilalui dengan status operasional sepanjang 760 kilometer dan 235 kilometer jalan tol dapat dilalui fungsional.

Dari jalur fungsional tersebut, ada lima jalur diantaranya Pemalang - Batang sepanjang 39 kilometer, Batang - Semarang sepanjang 74 kilometer, Salatiga - Solo sepanjang 32,24 kilometer, Sragen - Ngawi sepanjang 51 kilometer.

Sementara ruas Wilangan - Karto Sono sepanjang 39 kilometer. Jalan ini memiliki titik kritis yakni titik kemacetan di Kali Kenteng dengan kemiringan jalan.

Sedangkan yang melintasi bawah Jembatan kali Kenteng masih aman di lalui. Tingkat kemiringannya sekitar 10-13 persen bukan 57 persen.

Kemacetan-kemacetan pada titik ini terjadi karena penyempitan dari 2 lajur menjadi 1 lajur. Hal ini saat memasuki jalan sementara sepanjang 600 meter dimana kecepatan kendaraan 20 km per jam.

Di samping itu pula ada titik kemacetan di Jembatan Kalikuto diurai dengan pembukaan Jembatan tersebut pada hari Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran. "Berfungsinya Jembatan Kali Kuto memperlancar arus mudik dan arus balik, ujarnya analisa dan evaluasi pengamanan Idul Fitri 1439H tahun 2018, di Gedung Rupatama Mabes Polri, awal pekan ini.

#Lebaran2018 #Mudik2018 #MudikGratis #JalanNasional
BERITA TERKAIT
Pertamina EP Komitmen Tingkatkat Produksi Gas
Subsidi Rumah Tepat Sasaran dengan e-FLPP
Hermawan Kartajaya Acungkan Jempol ke Menpar
(Buwas-Enggar Saling Sindir) DPR: Pemerintah Seharusnya Berpegang pada Data BPS
KESDM: Kemensos Atur Mekanisme Distribusi LPG 3Kg
Bea Cukai Sumbagbar Sita Rokok Ilegal
Bea Cukai: Cermati Modus Sering Gunakan Oknum

ke atas