GAYA HIDUP

Jumat, 06 Juli 2018 | 13:15 WIB

Gelang Penanda Jemaah Haji Risti Hanya Satu Warna

Mia Umi Kartikawati
Gelang Penanda Jemaah Haji Risti Hanya Satu Warna
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menggunakan gelang penanda Jemaah Haji Risti (Resiko Tinggi) hanya dengan satu warna.

Kepala pusat kesehatan haji kementerian kesehatan RI. Dr. dr. Eka Jusup Singka, M. Sc, menjelaskan, pada tahun lalu, para Jemaah Haji yang memiliki penyakit berisiko tinggi dibagi atas tiga warna gelang, Merah, kuning, dan hijau.

"Kini jemaah Haji yang sakit disamakan menggunakan gelang warna orange. Tidak lagi diberikan warna yang berbeda. Ini agar menghindari beban psikologis dari para penderita penyakit. Misalnya, orang yang pakai gelang warna kuning merasa lebih aman ketika bertemu dengan orang yang menggunakan gelang merah. Karena gelang merah dianggap kondisi kesehatannya parah. Padahal tidak seperti itu," ujar Eka saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (06/07/2018).

Untuk mengatasi masalah kesehatan pada Jemaah Haji Indonesia, pemerintah mengirim tim kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sejumlah 1.521 orang yang akan melayani 507 kloter.

"Setiap keloter didampingi satu dokter dan dua perawat," tambah Eka. (tka)
#gelang #penanda #jemaah #haji #risti #risiko #tinggi #sa
BERITA TERKAIT
Indonesia Bisa Memiliki Bangsa yang Tinggi
Batuk Setelah Naik Haji, Wajar?
Olahraga Teratur Kurangi Risiko Serangan Jantung
(Lewat Sales Mission) 10 Bali Baru Dikenalkan Sampai di Selandia Baru
Serunya Bermain dengan Hiu Paus Ramah di Gorontalo
Berantas Katarak, Optimalkan Fasitas Kesehatan
Ikon Bali yang Mendunia Itu Diresmikan Presiden

ke atas