GAYA HIDUP

Jumat, 06 Juli 2018 | 16:16 WIB

Kompetisi Ini Mencari Barista Terbaik Indonesia

Mia Umi Kartikawati
Kompetisi Ini Mencari Barista Terbaik Indonesia
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Geliat pecinta kopi sangat meningkat belakangan ini. Keadaan tersebut juga diimbangi dengan banyaknya bermunculan barista terbaik yang dimiliki Indonesia.

Untuk mencari barista terbaik, serangkaian kompetisi digelar. Salah satunya adalah kompetisi edisi pertama HOTELEX Indonesia yang akan diselenggarakan pada 18-20 Juli 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Indonesia Brewers Cup 2018 (IBRC 2018), Indonesia Latte Art Championship (ILAC 2018) dan Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC) semuanya akan berlangsung di sana.

Ini akan menampilkan 24 peserta yang akan bersaing untuk menjadi pemenang pertama dan akan mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Brasil pada November mendatang.

"Indonesia coffe event (ICE) yang diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI) ini menjadi bagian dari asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) merupakan acara tahun yang sudah diselenggarakan ke-7 kali," papar Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) saat ditemui di Jakarta, Jumat, (06/07/2018).

Kompetisi yang akan dilakukan adalah Indonesia Brewers Cup (IBRC) yang diikuti oleh Brewer - brewer potensial yang dibebaskan untuk memilih kopi single origin yang akan dipresentasikan.

Kemudian, para barista juga harus menampilkan free pour style dan decorative style, yaitu seni menuangkan latte yang menampilkan desain - desain menarik baik dengan cara free pour maupun etching.

"Nanti juga ada kompetisi roasting coffe. Ini juga sangat penting bagi barista," tambahnya.

Masih menurutnya, perkembangan kopi di Indonesia pada 2018 semakin baik. Perbaikan ini juga bisa dilihat dari kualitas para barista dan kuantitasnya.(tka)
#kompetisi #barista #terbaik #indonesia
BERITA TERKAIT
(Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival) Serentak Digelar di 12 Provinsi
Beijing Opera Hadir di Jakarta
Indonesia Bisa Memiliki Bangsa yang Tinggi
Serunya Bermain dengan Hiu Paus Ramah di Gorontalo
Berantas Katarak, Optimalkan Fasitas Kesehatan
Ikon Bali yang Mendunia Itu Diresmikan Presiden
PEMUDA FITERGY Bantu Korban Gempa Lombok

ke atas