EKONOMI

Jumat, 06 Juli 2018 | 20:00 WIB

Cadev Tergerus US$3,1 M, Rupiah Tetap Saja Lemah

Cadev Tergerus US$3,1 M, Rupiah Tetap Saja Lemah
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Porsi cadangan devisa (cadev) pada akhir Juni 2018, makin tipis ke posisi US$119,6 miliar. Tergerus US$3,1 miliar dari posisi Mei yang mencapai US$122,9 miliar.

"Penurunan cadangan devisa pada Juni 2018 terutama dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Kendati mengalami penurunan, BI memandang, cadev Indonesia tetap memadai. Didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik serta kinerja ekspor yang tetap positif.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," papar Agusman.

Pihak BI menilai, cadev sebesar ini mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. [tar]

#CadanganDevisa #BankIndonesia #Kurs #Rupiah
BERITA TERKAIT
Tahun Depan, Bankir Meramal Likuiditas Agak Seret
Jokowi Ajak Kurangi Ketergantungan Satu Mata Uang
Jaga Rupiah, Sri Mulyani Pelototi Ekonomi Dunia
Berapa Inflasi November, Begini Ramalan Bos BI
Era Jokowi, Defisit Transaksi Berjalan US$8,8 M
Lobang CAD Menganga, BI Salahkan Impor Minyak
Menkeu Yakin Defisit Transaksi Berjalan Bukan Dosa

ke atas