PASAR MODAL

Senin, 09 Juli 2018 | 01:03 WIB
Highlight

IHSG Bisa Alami Konsolidasi Saat Perang Tarif

Wahid Ma'ruf
IHSG Bisa Alami Konsolidasi Saat Perang Tarif
(Foto: inilahcom)
1 2


INILAHCOM, Jakarta - IHSG memiliki peluang untuk bergerak secara konsolidasi dalam area trading 5.557-5.832 pada pekan ini. IHSG masih tertekan perang tarif dan mencermati beberapa data ekonomi.

Menurut praktisi pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, apabila kembali turun dan menjebol ke bawah support 5.557, maka IHSG akan melanjutkan trend turunnya menuju target di level 5.315. Sedangkan jika mampu melewati resistance 5.832, maka IHSG akan menguji area gap atas di kisaran 5.947-5.987 yang juga merupakan kisaran area down trend resistance line-nya.

"Jika nanti dapat melewati gap atas tersebut dan bertahan, maka kemungkinan IHSG akan mengakhiri trend turunnya dan mulai berkonsolidasi untuk mencoba bergerak naik," katanya, Minggu (8/7/2018).

Secara teknikal IHSG masih berada di fase downtrend yang terbentuk sejak akhir februari 2018. Dari chart terlihat bahwa kondisi IHSG masih tidak terlalu kondusif karena belum dapat keluar dari trend penurunannya.

Indikator teknikal mulai bergerak mixed. Stochastic berusaha naik dan keluar dari area oversold, sedangkan MACD masih bergerak turun namun cenderung berbalik arah. Dari kondisi ini menunjukan bahwa indeks masih berada dalam tren turun, namun dalam jangka pendek kemungkinan IHSG akan berkonsolidasi terlebih dahulu.

Untuk pekan ini tidak ada data dan kejadian ekonomi penting dari dalam negeri. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar pada pekan ini.

Pada Senin (9/7/2018), pernyataan Gub BOJ Kuroda, Rilis data perdagangan Jerman, Pernyataan Presiden ECB Mario Draghi. Untuk Selasa (10/7/2018), Rilis data inflasi China, Rilis data GDP, neraca perdagangan dan data produksi manufatur Inggris.

Sedangkan Rabu (11/7/2018),Pernyataan Presiden ECB Mario Draghi, Rilis data indeks keyakinan konsumen Australia, Rilis data cadangan minyak AS, Pernyataan Ketua BOE Carney. Kamis (12/7/2018), Kebijakan moneter ECB, Rilis data inflasi AS. Jumat (13/7/2018) Rilis data perdagangan dan eksport-import China.
#BursaSaham #Dolar #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Wall Street Berpotensi Lanjutkan Kenaikan
Perang Tarif AS-China Apa Bisa Berakhir?
Bursa Saham Asia Masih Menghijau
IHSG Sisakan Angka Hijau 26,4 Poin di 5.957
Bursa Saham Eropa Susul Wall Street di Area Hijau
(Rehat Siang) IHSG Sisakan Angka Hijau 4 Poin di 5.935
Awali Sesi I, IHSG Hijau 37 Poin ke 5.968

ke atas