NASIONAL

Senin, 09 Juli 2018 | 19:21 WIB

Waspadai Begal, Polri Minta Warga Cepat Lapor

Muhammad Yusuf Agam
Waspadai Begal, Polri Minta Warga Cepat Lapor
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan aksi kawanan begal di jalanan terbilang kini sudah sadis. Pembegal kini akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

"Kalau sekarang ini memang ada pergeseran kelakuan begal-begal motor. Kalau dulu polanya begal motor itu, kalau dia nggak dapat barangnya, dia nodong dengan senjata tajam, senjata api (senpi). Kalau sekarang tidak ada nodong-nodong lagi, langsung dia tembak," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Senin (9/7/2018).

Setyo menjelaskan sudah mengetahui senpi yang digunakan para begal. Senpi itu disebut merupakan senpi rakitan.

"Senjata yang beredar di begal-begal itu senjata rakitan. Yang penting untuk penyebaran senjata rakitan ini informasi dari masyarakat, misalnya pembuat-pembuat senjata rakitan itu yang tahu masyarakat," jelas Setyo.

Setyo pun meminta masyarakat untuk memberitahu kepada pihak kepolisian jika menemukan informasi adanya peredaran senpi rakitan. Sebab, peredaran ini bisa membahayakan masyakarat pada umumnya.

"Saya mohon cepat lapor. Kalau cepat lapor, pasti cepat ditangani. Kalau nggak ada yang lapor, polisi tahu cuma (memerlukan waktu) cukup lama," sambung dia.

Kawanan aksi begal dan jambret dalam beberapa pekan terakhir mencuat. Salah satu yang paling disorot yakni aksi jambret di Cempaka Putih. Korban tewas usai terjatuh akibat terlibat tarik-menarik barang yang hendak di jambret. [ton]

#BegalMotor
BERITA TERKAIT
Polisi Tembak Begal Sadis di Banyuwangi
Ba'asyir Batal Bebas, Kaban: Piye Iki Presiden
Ba'asyir Batal Bebas, TPM: Kemanusiaan Apa?
BPN Prabowo-Sandi Usulkan Debat Kedua Tarung Bebas
Jubir Prabowo: Penerbangan Sepi Karena Tiket Mahal
Sandi Ingin Emak-emak Punya Usaha Rumahan
Anies Kunjungi Warga Pengungsi Kebakaran Tomang

ke atas