MOZAIK

Rabu, 11 Juli 2018 | 13:00 WIB

Hukum Jual Beli Produk Cina Kualitas Rendah

Hukum Jual Beli Produk Cina Kualitas Rendah
(Foto: Ilustrasi)

BAGAIMANA dengan masalah kualitas? Mungkin bagian ini yang dipermasalahkan. Artinya, produk cina yang dimaksud bukan masalah didatangkan dari negeri kafir. Karena penanya juga tidak mempermasalahkan produk dari jepang atau negeri kafir lainnya. yang menjadi masalah adalah soal kualitas.

Di masyarakat kita, produk cina selalu dinilai kualitas kelas bawah. Dan dalam masalah jual beli, penjual boleh saja menjual barang dengan produk yang lebih rendah, dengan syarat dia harus jujur kepada calon konsumennya.

Kata orang, Ono rego, ono rupo. Produk dengan kualitas tinggi, tentu harganya berbeda dengan produk yang kualitasnya rendahan. Sehingga, yang penting di sini adalah hindari pembohongan terhadap publik.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang menipu, maka dia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka (HR. Ibnu Hibban 567 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau bercerita, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah melewati setumpuk makanan (yang dijual), lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, ternyata tangan beliau menyentuh makanan yang basah, maka beliaupun bertanya, Apa ini wahai pemilik makanan?

Sang pemiliknya menjawab, Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah. Beliau bersabda, Mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian makanan agar manusia dapat melihatnya? Ketahuilah, barangsiapa menipu maka dia bukan dari golongan kami. (HR. Muslim 102).

Ketika beliau menyebut, tidak termasuk golongan kami., ini menunjukkan perbuatan tersebut termasuk dosa besar. Tidak jadi masalah menjual barang dengan kualitas lebih rendah, asal konsumen tahu. Sehingga dia punya posisi untuk menawar sesuai kelasnya.

Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

BERITA TERKAIT
Tiada Lagi Senyum yang Menghias dii Bibir
Ayo Tinggalkan! Dusta Mengantarkan Pada Kejahatan
Pesan Perdamaian untuk para Politikus
Sholat Sebagai Pokok Agama
Setiap Perbuatan Pasti ada Balasannya
Membunuh Waktu Mengais Hikmah dari Senior
Delapan Penyebab Perselingkuhan

ke atas