MOZAIK

Rabu, 11 Juli 2018 | 03:57 WIB

Kalau Tak Ingin Celaka, Maka...

KH Ahmad Imam Mawardi
Kalau Tak Ingin Celaka, Maka...
(Foto: Ilustrasi)
HARI ini marilah kita mengaji kepada Imam al-Ghazali yang dikenal dengan gelar Hujjatul Islam itu. Dalam kitab monumentalnya, Ihya' Ulumiddin juz 3 hal. 289, beliau berkata:

Ketahuilah bahwa kebanyakan manusia itu celaka karena takut pada cacian manusia dan menyenangi pujian mereka. Karena itu maka semua gerakan mereka dalam kehidupan bertuan akhir cuma pada pengharapan disuka manusia, mengharap pujiannya dan takut celaannya.


Kalau tidak ingin celaka, marilah kita fokus pada pencarian ridla Allah saja, berusahalah membuat Allah suka pada kita. Ini tidak bermakna bahwa kita tidak peduli pada perasaan orang lain, yakinlah bahwa ketika Allah suka kepada kita maka Allah akan membuat orang lain senang kepada kita.

Allah sangat suka kepada orang yang percaya 100% kepada Allah, tak ragu dan tak buruk sangka kepada Allah. Allah juga suka kepada hambaNya yang senantiasa menjadi karyawanNya melayani hamba-hambaNya yang lain. Inilah "the ultimate meaning" (makna puncak) dari beragama. Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Refreshing sebagai Kebutuhan Hidup
Menikmati Hidup dengan Menjadi Diri Sendiri
Hubungan Terpenting yang Terlupakan
Tak Boleh Gantungkan Bahagia kepada Selain Allah
Lowongan Posisi Paling Terhormat, Ada yang Minat?
Jalan Sukses yang Berbatu
Gelar SS untuk Mereka yang Lulus Ujian Hidup

ke atas