NASIONAL

Kamis, 12 Juli 2018 | 01:50 WIB

Jokowi Ingin Alquran Jadi Pegangan Hidup Hakiki

Ahmad Farhan Faris
Jokowi Ingin Alquran Jadi Pegangan Hidup Hakiki
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan MTQ Internasional II dan Nasional VIII antar Pondok Pesantren serta Kongres V Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama.

Berlokasi di Istana Kepresidenan, Jokowi ingin agar Alquran menjadi pegangan hidup dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, Alquran diharapkan menjadi panduan dalam menjalankan wasathiyah islamiyah atau islam yang moderat dan mensejukkan.

"Saya percaya ada harapan yang kuat agar MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) turut mengingatkan kita semuanya untuk menjadikan Alquran sebagai nafas, pegangan hidup yang hakiki," kata Jokowi, Rabu (11/7/2018).

Selain itu, Jokowi berharap keindahan lafal Alquran bisa terdengar hingga penjuru dunia melalui MTQ sehingga dapat menggaungkan nilai kemanusiaan, nilai kesalehan sosial, mengutamakan pembelaan pada yang lemah dan fakir miskin.

"Saya berpesan supaya MTQ ini membuat dunia mendengar, membuat dunia melihat, membuat dunia merasakan keindahan, kedamaian dan rahmat dari Alquran, dari agama Islam," ujarnya.

Sementara Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj mengatakan Kongres Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh ke-5 serta MTQ Internasional yang diadakan NU diikuti oleh 6 negara Asean ditambah Pakistan.

"Jam'iyyatul Qurra organisasi penghafal Quran. Ini yang mendirikan pahlawan nasional, anggota BPUPKI, ayahanda Gus Dur, KH Wahid Hasyim tahun 1951," katanya.
#PresidenJokowi #Alquran
BERITA TERKAIT
The Power of Emak-Emak, Empat Anak Satu Motor
Asik Main Hp di Pinggir Jalan, Disikat Jambret
(HRS Dihalangi Pulang Ke Indonesia) Gerindra Minta Aparat Berlaku Adil
(HRS Dihalangi Pulang) Gerindra Minta Kriminalisasi Kepada Ulama Distop
PKS Akan Cek Kabar Pencekalan HRS di Arab
Ditunjuk Jadi Jurkam Jokowi, Ini Kata Risma
Penegak Hukum Diharap Mampu Tegakkan Pasal TPPU

ke atas