NASIONAL

Kamis, 12 Juli 2018 | 04:18 WIB

Jokowi Akan Umumkan Cawapres Jelang Pendaftaran?

Ivan Setyadhi
Jokowi Akan Umumkan Cawapres Jelang Pendaftaran?
Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Calon presiden Joko Widodo (Jokowi), tampaknya punya strategi sendiri kenapa tak kunjung mengumumkan sosok calon wakil presidennya.

Peneliti Centre for Strategic and International Syudies (CSIS) Arya Fernandes menilai Jokowi sengaja 'menahan' pengumuman cawapresnya agar tidak ditinggal partai koalisi.

"Dengan mempersempit waktu pengumuman dengan perdaftaran ini agar parpol lain tidak punya waktu untuk manuver," katanya kepada INILAHCOM, Rabu (11/7/2018). Pendaftaran Capres sendiri akan dibuka pada tanggal 4 Agusutus bulan depan.

Potensi Jokowi ditinggal partai koalisi cukup terbuka mengingat sejumlah parpol banyak mengajukan cawapres dari internal partai. Jika tak dipilih dan kecewa, akhirnya koalisi bisa pecah dan Jokowi bisa ditinggalkan.

"Kalau didekat pendaftaran kan partai tidak bisa apa-apa. Dikunci," sebutnya. Sebab Arya melihat, sejumlah elit parpol dikoalisi Jokowi rupanya sudah bermanuver meski cawapres belum diumumkan.

Misalnya saja, safari politik Ketum Golkar, Airlangga Hartarto ke Demokrat beberapa hari lalu.

Diketahui Airlangga juga masuk dalam daftar cawapres Jokowi selain Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari PKB dan Romahurmuziy dari PPP.

"Makanya Jokowi menunggu juga negosiasinya agar tidak ada koalisnya tidak WO (Walk Out)," tandasnya.

Meski mengaku sudah mengantongi nama cawapresnya beberapa hari lalu, nyatanya Jokowi belum mengumumkannya sampai saat ini.[Ivs].

#Pilpres2019 #Jokowi #Cawapres
BERITA TERKAIT
Strategi Prabowo-Sandi Pindahkan Posko Sudah Pas
Malam Jumat, Jokowi Kunjungan Kerja ke Aceh
Jokowi-Ma'ruf Unggul di Media Sosial
Puasa, Sandi Cuma Ikut Bakar Sate di Ambal
Temuan KTP di Duren Sawit, Polisi Periksa 17 Saksi
Sandi Dengar Keluhan Pedagang Pasar Ambal
Borong Bahan Pokok di Pasar, Sandi Dapat Kopiah

ke atas