BOLA

Kamis, 12 Juli 2018 | 13:15 WIB
(Semifinal Piala Dunia 2018)

Kroasia Si Jago Comeback di Fase Gugur

Arif Budiwinarto
Kroasia Si Jago Comeback di Fase Gugur
(Foto: gettyimages)
INILAHCOM, Moskow - Sempat tertinggal terlebih dulu, Kroasia akhirnya mampu mengalahkan Inggris dan melaju ke final. Bukan sekali ini saja Kroasia menghadapi situasi serupa di Piala Dunia 2018.

Dalam laga semifinal yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, Kroasia dikejutkan gol cepat Inggris di menit kelima lewat sepakan bebas Kieran Trippier. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Kroasia baru bisa menyamakan skor di menit ke-68, adalah Ivan Perisic yang berhasil menyambut umpan silang dari sayap kanan dengan sontekan kaki kirinya. Skor 1-1 bertahan sampai waktu normal usai.

Di extra time, Mario Mandzukic menjadi pahlawan Kroasia berkat golnya di menit ke-109 yang membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Kroasia lolos ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Hasil tersebut sekaligus menegaskan Luka Modric dan kawan-kawan sebagai tim jago comeback di fase gugur. Sebelumnya, mereka pernah menghadapi situasi serupa, di babak 16 besar mereka harus kemasukan gol cepat pemain Denmark, Martin Joegersen di menit pertama.


Kroasia mampu menyamakan skor tiga menit berselang berkat torehan Mario Mandzukic. Skor imbang 1-1 bertahan hingga 2x15 menit babak tambahan. Skuad asuhan Zlatko Dalic memastikan diri ke babak perempatfinal berkat kemenangan adu penalti 3-2.

Kroasia berjumpa tuan rumah Rusia di perempatfinal yang berlangsung di Fisht Stadium, Sochi, 7 Juli lalu. Gawang Daniel Subasic terlebih dulu dibobol tendangan jarak jauh Denis Cheryshev di menit ke-31. Gol Andrej Kramaric di menit ke-39 memaksakan skor imbang 1-1 hingga waktu normal usai.

Kroasia sebenarnya bisa berbalik unggul berkat gol Domagoj Vida di menit ke-101. Namun, Rusia mampu menyamakan skor di menit ke-115 lewat sundulan Mario Fernandes. Skor 2-2 memaksa laga harus diakhir lewat adu penalti, di babak tos-tosan Kroasia menang 3-4 dan berhak melaju ke semifinal.

Di final, Kroasia akan menghadapi Prancis yang sejauh ini dinilai memiliki pertahanan kuat. Ditambah lagi fakta, Les Bleus tak pernah kalah jika mereka mampu mencetak gol terlebih dulu sejak fase grup.

Menarik dinantikan apakah mental kuat Kroasia bisa membawa mereka merengkuh trofi Piala Dunia perdananya. Jawabannya ada di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) dini hari WIB.
#PialaDunia #Inggris #Kroasia
BERITA TERKAIT
Senangnya Giroud Wujudkan Impian Masa Kecil
Hallgrimsson Mundur dari Timnas Islandia
AFA Ingin Rekrut Guardiola untuk Melatih Argentina
Mbappe Sumbangkan Rp7 Miliar ke Lembaga Amal
Kutukan Kiper AS Monaco di Final Piala Dunia
Legenda Jerman Singgung Gaya Permainan Prancis
Raphael Varane: 16 Gelar Juara di Usia 25 Tahun

ke atas