NASIONAL

Jumat, 13 Juli 2018 | 00:03 WIB

Pencarian Pemulung di Longsor Sampah Dihentikan

Pencarian Pemulung di Longsor Sampah Dihentikan
(Foto: beritajatim)
INILAHCOM, Malang - Proses pencarian seorang pemulung, Agus Sujarno warga Dampit, Kabupaten Malang yang tertimbun gunungan sampah di TPA sampah Supit Urang, Mulyorejo, Sukun, Kota Malang, hari ini dihentikan.

Komandan Tim Basarnas Jawa Timur, Satriyo Nuridan mengatakan pencarian dihentikan karena di area lokasi longsor pertama terjadi longsor susulan.

Tidak ingin mengambil resiko tim SAR gabungan memutuskan proses pencarian dihentikan dan kembali dilakukan pada Jumat besok.

"Tadi sekitar jam 14.50 WIB terjadi longsor sejauh dua meter sehingga tidak memungkinkan pencarian kembali. Karena sangat berbahaya," kata Satriyo, Kamis, (12/7/2018).

Satriyo mengatakan setelah menghentikan pencarian tim SAR gabungan selanjutnya akan melakukan evaluasi. Selain itu, tim SAR gabungan juga akan berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang untuk melakukan pengerukan sampah.

"Kerja sama dengan DLH untuk kurangi risiko longsor yang di atas dengan mengekskavator sampah-sampah yang ada di atas," ujar Satriyo.

Satriyo menyebut, material longsor susulan masih sama dengan longsor pertama hampir semuanya sampah. Pencarian cukup beresiko, karena tingkat kemiringan sekitar 70 derajat. Selain itu, tinggi tebing gundukan sampah hampir 100 meter.

"Kalau terjadi longsor sedikit yang bagian atas jadi ikut longsor juga. Lokasi dari dugaan awal korban tertimbun sekitar 2 meter. Saat ini di police line dan akan dilanjutkan besok," tandasnya.[beritajatim]
#Longsor
BERITA TERKAIT
Penambang Tertimbun, Polisi Lakukan Penyelidikan
Longsor di Lahan Galian C, Sumani Tewas Tertimbun
Longsor, Jalur Ponorogo-Trenggalek Ditutup
Jalur Ponorogo-Trenggalek Ditutup, Polisi Bersiaga
Pemilu 2019, Masyarakat Diharap Tak Saling Hujat
Sepakat dengan SBY, Gerindra Minta Aparat Netral
Mahyudin: Kurangnya Keteladanan Sebagian Pemimpin

ke atas