NASIONAL

Sabtu, 21 Juli 2018 | 02:02 WIB
(Jelang Asian Games)

CDM Minta Atlet Fokus Persiapan Fisik dan Mental

Muhammad Yusuf Agam
CDM Minta Atlet Fokus Persiapan Fisik dan Mental
Chef de mission kontingen Indonesia, Komjen Pol Syafruddin (Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Chef de mission kontingen Indonesia, Komjen Pol Syafruddin berjanji akan menyelesaikan sisa anggaran buat para atlet Asian Games pada pekan ini. Syafruddin meminta para atlet dan ofisial untuk tidak memikirkan kekurangan anggaran.

"Kekurangan anggaran menjadi tanggungjawab saya selaku CdM, atlet tak perlu risau. Saat di Mrapen (Jawa Tengah) saya sudah berbicara dengan orang Departemen Keuangan dan minta mereka mengeluarkan pekan ini," kata Syafruddin di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Syafruddin pun meminta para ofisial untuk memperhatikan kesiapan para atlet terutama fisik dan mental. Ia tak ingin ada kejadian yang cukup signifikan seperti kecelakaan terjadi pada atlet jelang Asian Games, apalagi jika kecelakaan terjadi pada atlet yang berpotensi mendulang medali.

"Jangan sampai kejadian seperti yang dialami atlet balap sepeda yang kecelakaan di jalan raya. Untuk mencegah terulangnya kejadian ini biar dikoordinasikan dengan kami agar bisa diberikan pengawalan," ujarnya.


Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakapolri berharap para atlet dan offisial team tidak perlu ada euforia berlebihan apabila ada atlet yang tampil baik pada tahap uji coba atau persiapan. Euforiaberlebihan menurutnya akan menimbulkan risiko kepada si atlet yang bersangkutan dan juga kepada atlet lainnya.

"Pada kasus Zohri (atlet lari) kan kita harus mengambil hikmahnya. Saya sudah bertemu om Bob (Hasan) dan Pak Tigor (Tanjung), mereka minta supaya keberhasilan Zohri jangan membuat masyarakat memiliki ekspektasi berlebihan kepada dirinya," terang dia.

"Apalagi kalau bonus yang diberikan besar. Padahal banyak atlet cabang lainnya juga membuat prestasi yang baik di saat persiapan Asian Games ini," sambung dia.

Mengenai kesiapan venue Asian Games, Syafruddin menyebut pada akhir bulan Juli seluruh venue bisa dipastikan akan selesai pengerjaannya. Terkait keluhan beberapa atlet di Jakabaring, Palembang karena minimnya petugas kesehatan, Syafruddin pun menegaskan hal tersebut sudah diatasi.

"Sudah kita siapkan ya ternyata managernya tadi kita tanya sudah. Manageenya kan hadir tadi sudah kita siapkan. Rumah Sakit rujukan kemudian petugas kesehatan sebenarnya masing-masing cabang olahraga punya dia hanya perlu backup dari kita, tim CdM," imbuh dia.[jat]
#AsianGames2018 #KomjenSyafruddin
BERITA TERKAIT
Pro Kontra Jokowi Tunggangi Moge ke Asian Games
Asian Games, Ini Kantong Parkir yang Disiapkan
Opening Asian Games, Sejumlah Ruas Jalan Dialihkan
Kakorlantas Pimpin Apel Opening Asian Games 2018
Obor Asian Games Sempat Mati Saat Dibawa Jokowi
Jokowi Terima Obor Asian Games 2018 di Istana
Khofifah Ajak Warga Doakan Jemaah Haji Indonesia

ke atas