GAYA HIDUP

Senin, 23 Juli 2018 | 17:15 WIB
(Seribu Hari Pertama Kehidupan)

Ini Fase Penting untuk Otak Anak

Mia Umi Kartikawati
Ini Fase Penting untuk Otak Anak
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Seribu hari pertama atau golden moment dimulai sejak janin terbentuk, hingga ia lahir dan berusia 2 tahun. Ini adalah fase terpenting dari perkembangan otak anak.

Pada fase ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat, pematangan saluran cerna, dan pembentukan kognitif, ujar dr. Natia Anjasari, Sp.A dari Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta, di acara Sleek Baby menggelar diskusi #1000HariPerlindungan, Jakarta, Senin, (23/07/2018).

Pada masa seribu hari pertama, dibutuhkan perlindungan secara menyeluruh. Selain nutrisi dan stimulasi, kebersihan (higienitas) pun harus sangat diperhatikan.

Apapun makanan yang kita berikan pada bayi, kebersihan adalah nomor satu. Baik kebersihan makanan bayi, maupun peralatan makannya, tambah dr. Natia.

Akibat kurangnya asupan nutrisi, stimulasi, dan kebersihan dalam seribu hari pertama, bayi berisiko mengalami gangguan pertumbuhan yang optimal.

Kebersihan yang kurang terpelihara, membuat bayi rentan mengalami diare dan ISPA (infeksi saluran napas atas). Keduanya termasuk penyakit yang paling sering menjangkiti bayi.

Meski asupan nutrisi bayi bagus, semuanya percuma bila bayi sakit-sakitan, karena nutrisi yang masuk terbuang percuma, atau hanya dipakai untuk penyembuhan. Pada akhirnya, risiko stunting mengintai.(tka)

#fase #penting #otak #anak #seribu #hari #pertama #kehidu
BERITA TERKAIT
Mewarnai Dapat Tingkatkan Kreatifitas Anak
Tips Nyaman Bawa Anak Berwisata
Traveling Ajarkan Anak untuk Mandiri
Kesehatan Ibu dan Anak jadi Prioritas 2019
Lima Tanda Anak Suka Tiba - Tiba Marah
Raih Kecerdasan Anak dengan Konsumsi Sayuran Hijau
Empat Faktor Gigi Anak Berlubang

ke atas