NASIONAL

Kamis, 26 Juli 2018 | 22:31 WIB

Menag Pastikan Pemberangkatan Haji Sesuai Jadwal

Menag Pastikan Pemberangkatan Haji Sesuai Jadwal
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Kediri - Menteri Agama (Menag), Lukmah Hakim Saifudin memastikan seluruh jemaah calon haji Indonesia tahun 2018 ini bisa berangkat ke tanah suci secara keseluruhan.

Pernyataan tersebut disampaikan usai melaunching Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

"Haji berlangsung lancar, semua aktifitas pemberangkatan berlangsung dengan baik sesuai rencana dan harapan," katanya, Kamis (26/6/2018).

Menurut Lukman, seluruh kelengkapan dokumen seperti, visa jemaah calon haji jauh lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Sehingga tidak ada jemaah calon haji yang tertentu keberangkatannya karena masalah dokumen.

Pemberangkatan gelombang pertama jemaah calon haji asal Indonesia terakhir, pada 29 Juli 2018. Mereka tergabi dalam beberapa kelompok terbang. Sedangkan untuk gelombang kedua akan dimulai, 30 Juli hingga 15 Agustus 2018 mendatang.

"Mudah mudahan hingga akhir 29 Juli 2018, seluruh gelombang pertama dari tanah air sudah kita berangkatkan menuju Madinah. Kemudian pada 30 Juli 2018 nanti mulai gelombang ke dua. Sebanyak 13 embarkasi langsung mendarat ke Jeddah sampai kloter terakhir, pada 15 Agustus 2018," tegasnya.

Untuk diketahui, tahun haji lalu, ratusan jemaah calon haji Indonesia harus tertunda keberangkatannya. Penyebabnya, visa mereka belum keluar. Untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang, tahun ini Kementerian Agama Republik Indonesia lebih meningkatkan sistem pelayanan.[beritajatim]

#MenteriAgama #LukmanHakimSaifuddin #Haji
BERITA TERKAIT
PPIH Imbau Jemaah Kembalikan Kantong Kerikil
Kloter Pertama Haji Debarkasi Surabaya Tiba
Jemaah Haji Dilarang Masukan Air Zamzam ke Koper
Jemaah Haji Dilarang Masukan Air Zamzam ke Koper
Menag Beberkan Kondisi Mina Terkini
Hujan Deras di Mina, Begini Kondisi Jemaah Haji
Kasus Percepatan Haji, Polisi Dalami Oknum Kemenag

kembali ke atas