DUNIA

Kamis, 02 Agustus 2018 | 15:32 WIB

70 Pastor Pennsylvania Diduga Terlibat Seks

70 Pastor Pennsylvania Diduga Terlibat Seks
(Foto: AP)

INILAHCOM, Pennsylvania--Keuskupan Katolik Roma di Pennsylvania merilis daftar lebih 70 pastornya yang dituduh melakukan pelecehan seksual pada anak-anak puluhan tahun lalu, demikian VOA melaporkan, Kamis (2/8/2018).

Uskup Harrisburg Ronald Gainer juga mengumumkan perubahan kebijakan kerahasiaan dan mengungkapkan orang-orang yang dituduh melakukan pelecehan, serta uskup yang memimpin gereja dalam 70 tahun terakhir, akan dicabut dari semua properti gereja.

Gainer juga meminta maaf kepada mereka yang dilecehkan, umat paroki, dan masyarakat, dan menyatakan "kesedihannya yang mendalam." Ia mengatakan keuskupan akan merilis daftar setiap tuduhan yang dibuat dalam puluhan tahun terakhir yang belum terbukti salah. Ia menekankan, tak satu pun orang dalam daftar itu yang kini masih bertugas.

Dengan pengumuman itu, keuskupan Harrisburg menjadi yang kedua dari enam keuskupan yang sedang diselidiki negara bagian Pennsylvania yang dirilis di depan laporan grand jury yang tertunda mengenai pelecehan seks oleh pastor. Keuskupan Erie merilis temuan pelecehan yang dilakukan pastornya April lalu.

Gainer mengatakan sebagian besar pelecehan yang dituduhkan itu terjadi pada 1970-an, '80-an dan '90-an.

Gereja itu mengadopsi serangkaian prosedur baru untuk menangani laporan dan membantu mencegah pelecehan pada masa depan, ujar uskup itu. [voa/lat]

#Pastor #Pennsylvania #Seks
BERITA TERKAIT
Presiden Venezuela Persempit Gerak Oposisi
Somalia Terancam Krisis Kelaparan
Truk-truk Sipil Tinggalkan Kantong Terakhir ISIS
Ribuan Anak Eks ISIS dalam Bahaya
AS Tidak Perlonggar Sanksi Terhadap Korut
Ditufuh Menipu, Rusia Tahan Pengusaha Ternama AS
Ketegangan Pakistan dan India Meningkat

ke atas