EKONOMI

Jumat, 03 Agustus 2018 | 14:18 WIB

Pasokan Cukup, Harga Hewan Kurban tak Layak Naik

Mohammad Fadil Djailani
Pasokan Cukup, Harga Hewan Kurban tak Layak Naik
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan pasokan untuk kebutuhan hewan kurban pada 2018 dalam kondisi aman. Dia pun meminta tidak ada kenaikan harganya.

"Sangat aman. Harganya janganlah dinaikkan. Engga ada alasan, masa naik, harusnya turun dikitlah biar masyarakat menikmati," kata Amran saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Menteri asal Makkasar Sulawesi Selatan ini menambahkan, pasokan hewan kurban yang aman lantaran pemerintah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir membuat gerakan 'Siwak' yakni Sapi Indukan Wajib Bunting.

"Sapi sudah kita persiapkan untuk kurban tiga tahun sebelumnya. bukan dari sekarang. Siwak (Sapi indukan wajib bunting). Engga boleh berkeliaran Indonesia kalau tidak bunting," katanya.

Hasilnya lanjut Amran adalah data populasi sapi meningkat cukup tajam, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 populasi sapi hanya 13 juta, tapi setelah ada program tersebut populasi sapi mencapai 16,8 juta ekor.

"Artinya produksi sapi hari ini dengan inseminasi buatan itu 1 juta lebih per tahun. Dulu hanya 200 ribu ekor. Artinya naik 500%," katanya. [jin]

#HewanKurban #AmranSulaiman
BERITA TERKAIT
Musim Kemarau Jadi Momen Tepat Sosialisasi AUTP
PLN Dukung Pertumbuhan Industri Kopi Indonesia
Balasan Kementerian ESDM untuk Bupati Mimika
3 BUMN Berangkatkan 23 Siswa Dalam Program SMN
Pemerintah Harus Serius Tangani Tambang Ilegal
Apkasi Rakernas Selaraskan Program Pacu SDM Daerah
Dana Desa di Desa Wisata Bisa untuk Toilet Nyaman

kembali ke atas