NASIONAL

Senin, 06 Agustus 2018 | 18:01 WIB
(Hanya 9 Caleg yang Lolos)

Bawaslu Tunggu Perbaikan Berkas Sengketa Hanura

Agus Irawan
Bawaslu Tunggu Perbaikan Berkas Sengketa Hanura
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan pihaknya masih menunggu perbaikan berkas sengketa yang dimasukkan Partai Hanura ke Bawaslu hingga Rabu (8/8/2018) besok.

"Ya, masalah keterlambatan itu, soal berita acara dengan KPU. Mereka dapat berita acara itu yang disengketakan, kita masih tunggu dari Partai Hanura untuk perbaiki berkas sengketa tersebut,"kata Bagja saat dihubungi INILAHCOM, Senin (6/8/2018).

Bagja menjelaskan ketetapan sebelumnya dari KPU RI, pada tanggal 7 Agustus 2018 adalah waktu terakhir KPU memverifikasi berkas hasil perbaikan bacaleg di semua tingkatan.

Sementara itu, kata dia, pada 8-12 Agustus 2018, KPU menyusun dan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dan dilanjutkan pengumuman DCS tersebut serta melihat presentase keterwakilan perempuan, pada 12-14 Agustus 2018.

Dia meminta agar KPU mematuhi mekanisme sengketa verifikasi daftar bacaleg. "Kita lihat keburu atau tidak waktunya, tapi kalau tidak, harusnya tetap diikuti teman- teman KPU. Tapi kita lihat saja proses sengketanya kita akan usahakan cepat," jelasnya.

Seperti diketahui, dari 575 daftar caleg, hanya 9 caleg Hanura yang lolos verifikasi KPU. Partai Hanura pun melakukan perbaikan berkas sengketa permohonan verifikasi daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI ke Bawaslu RI. [fad]

#Pemilu2019 #Hanura
BERITA TERKAIT
Politik 'Taqiyah' ala Nahdliyin Pendukung Prabowo
Mahfud Sebut Sebagian Orang Anggap Pemilu Teror
Menilik 'Tembakan' Sudirman Said untuk Jokowi
Danrem Mojokerto Ajak Pers Cegah Berita Hoaks
500 Surat Suara Pemilu 2019 di Sumenep Rusak
Mahfud Imbau Waspadai Adu Domba Jelang Pilpres
Ketua DPR Soroti KPUD Belum Ada Gudang Logistik

ke atas