TEKNOLOGI

Selasa, 07 Agustus 2018 | 20:30 WIB

Misi Kepler Belum Selesai?

taufiqqurakhman
Misi Kepler Belum Selesai?
(Foto: gizmodo)

INILAHCOM, California - Misi luar angkasa Kepler sepertinya belum selesai, karena mungkin akan pula lakukan survei ke sejumlah eksoplanet lainnya.

Dilansir dari Gizmodo, dalam misi awalnya, Kepler telah memindai 150 ribu bintang menemukan 2.244 kandidat eskoplanet, serta 2.327 eksoplanet yang telah dikonfirmasi.

Karena perpanjangan misinya, Kepler sempat mendapat malfungsi sistem, namun masih terus mengidentifikasi 479 kandidat eksoplanet serta mengkonfirmasi 323 eksoplanet lainnya.

Hal ini berarti kalau Kepler masih beroperasi dan mengobservasi luar angkasa.

Sejauh ini Kepler juga sudah mengidentifikasi sekira 20% dari bintang-bintang yang (sepertinya) ada, dan terus hingga bahan bakarnya habis.

Misi Kepler (Kepler Mission) menggunakan teleskop luar angkasa NASA yang dirancang untuk mencari planet mirip Bumi yang sedang mengorbit bintang lain.[4] Mengorbit Matahari setidaknya 3,5 tahun, Kepler akan menggunakan fotometer luar angkasa yang dikembangkan NASA, untuk terus memonitor kecemerlangan lebih dari 100.000 bintang yang berada dalam medan pandangnya yang tetap pada satu tempat. Data yang dikumpulkan dari pengamatan ini akan dianalisis untuk mendeteksi fluktuasi periodik yang menandakan adanya planet luar surya yang sedang transit. Nama misi ini untuk menghormati Johannes Kepler.

Kepler merupakan misi di bawah Program Discovery NASA yang merupakan misi berbiaya murah, dan berfokus pada sains. Fasilitas NASA, Ames Research Center adalah organisasi rumah dari investigator sains utama dan bertanggung jawab dalam pengembangan bagian sistem di bumi, operasi misi dan analisis data sains. Pengembangan misi Kepler dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory di NASA. Ball Aerospace & Technologies Corp. bertanggungjawab untuk mengembangkan sistem penerbangan Kepler.

Wahana antariksa Kepler diluncurkan pada 6 Maret 2009.

BERITA TERKAIT
Trio iPhone Terbaru Resmi Dijual di Indonesia
Tahun Depan, Gameloft Bakal Rilis Game LEGO
Menangkan Qualcomm, China Larang Impor iPhone
Pencarian Terpopuler Google Search Indonesia 2018
MediaTek Hadirkan Helio P90 dengan AI Fotografi
Momen Terpopuler di Instagram Sepanjang 2018
Mengenang IPO Apple 38 Tahun Lalu

ke atas