NASIONAL

Kamis, 09 Agustus 2018 | 09:42 WIB

Jika Tersesat, Ini yang Mesti Dilakukan Jemaah

Jika Tersesat, Ini yang Mesti Dilakukan Jemaah
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Makkah - Semakin padatnya jemaah haji di Masjidil Haram, membuat mereka seringkali tersesat dari rombongan. Untuk mengantisipasi hal itu, Jemaah diimbau untuk mengenal petugas haji yang ada berjaga 24 Jam di seputaran Masjidil Haram.

Jemaah haji Indonesia yang tersesat atau membutuhkan pertolongan saat di Masjidil Haram diminta agar tidak segan-segan untuk meminta bantuan kepada petugas haji Indonesia yang menggunakan seragam petugas. Lalu bagaimana mengenali patugas haji Indonesia yang resmi tersebut?

Petugas haji Indonesia dapat dikenali dengan melihat pakaian yang dikenakannya, dengan seragam berwarna putih berlengan panjang atau pendek, disertai emblem nama petugas di dada kanan, emblem tulisan arab di sebelah kiri, kemudian Bendera Merah Putih di lengan Kanan dibalut rompi hitam dan topi hitan bertuliskan "Petugas Haji Indonesia Tahun 2018" tidak lupa tanda pengenal.

Di Masjidil Haram biasanya jemaah haji yang baru pertama kali datang akan merasa kebingungan, karena ada puluhan pintu yang hampir serupa. Pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengimbau kepada jemaah agar meminta pertolongan kepada petugas haji yang memiliki atribut lengkap yang 24 jam berjaga di sekitaran Masjidil Haram.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka, mengakui, kasus tersesat tidak hanya dialami oleh jemaah yang lanjut usia saja, tapi bisa terjadi pada siapa saja.

"Kita sendiri pun bisa tersesat tergantung dengan orientasi kita pada saat itu yaitu orientasi waktu dan tempat. Biasanya kalau orang sehat dan bugar dan mengalami dehidrasi bisa mengalami kondisi kurang stabil dan mengalami kelupaan sehingga menyebabkan tersesat," jelas Eka di Madinah melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu dikutip dari kemenag.go.id.

Untuk mengatasinya, Eka memberikan tips sederhana yaitu jemaah jangan keluar pemondokan sendiri. Kalau tertinggal di Masjidil Haram, cari petugas haji Indonesia. [beritajatim]

#Haji
BERITA TERKAIT
Dikunjungi Prabowo, Gus Sholah Belum Bersikap
Jokowi: Hari Santri Mengenang Kiai Hasyim Asy'ari
Prabowo-Sandi Kompak Bersarung Hijau & Peci Hitam
HNW Lanjutkan Perjuangan Agus Salim dan M Natsir
#HariSantriNasional Berjaya di Media Sosial
Sekjen: Banyak Negara Ingin Terapkan Gotong Royong
Besok Polisi Uji Jarak Tembak Glock 17 di Brimob

ke atas