TEKNOLOGI

Jumat, 10 Agustus 2018 | 14:15 WIB

Go-Jek Salurkan Bantuan Cepat Tanggap Gempa Lombok

Ibnu Naufal
Go-Jek Salurkan Bantuan Cepat Tanggap Gempa Lombok
(ist)
INILAHCOM, Mataram - Guna membantu meringankan korban Gempa NTB, Go-Jek penyedia layanan on-demand terbesar di Indonesia menyalurkan bantuan cepat tanggap untuk membantu masa tanggap darurat Gempa Lombok.

Bantuan cepat tanggap yang diberikan berupa kebutuhan darurat kepada Palang Merah Indonesia. Go-Jek juga mengirimkan makanan siap saji dan air bersih ke Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan TNI AU dan Kemenkominfo, sebanyak total 15 ton bantuan.

Delly Nugraha VP Central Region Go-Jek dalam acara pemberian bantuan kepada PMI di Kabupaten Lombok Utara hari ini, mengatakan pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Go-Jek terhadap masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami Keluarga besar Go-Jek turut prihatin terhadap bencana gempa yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat. Untuk membantu meringankan beban mereka, kami mengirimkan bantuan barang-barang yang sangat diperlukan oleh para korban gempa dalam masa tanggap darurat ini. Kami berharap bantuan kami bisa dimanfaatkan oleh mereka yang terdampak dengan sebaik-baiknya," ujar Delly.

Kepada PMI, Go-Jek menyerahkan 500 barang untuk kebutuhan darurat berupa terpal, matras dan selimut. Tak hanya mengirimkan bantuan, mitra-mitra Go-Jek bersama Palang Merah Indonesia juga bekerja sama untuk mendata kebutuhan warga terdampak dan menyalurkan bantuan logistik seperti obat-obatan, selimut dan matras serta mengantarkan dokter dan relawan ke daerah terdampak.

"Sebelum mitra-mitra kami melakukan penyaluran, mereka akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan terlebih dahulu dari PMI terkait operasional pendataan dan briefing keselamatan. Ini untuk memastikan mitra-mitra kami bisa mengantarkan dengan selamat sampai tujuan," kata Delly.

lam kegiatan yang sama, Sumarsono Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat, mengatakan, "Kami berterima kasih pada Go-Jek yang telah membantu masyarakat terdampak gempa NTB melalui PMI. Bantuan ini menjadi bukti nyata kepedulian Go-Jek dalam membantu sesama. Tidak hanya membantu dalam bentuk logistik bantuan, tapi Go-Jek juga membantu PMI melalui profesi mereka yaitu transportasi bantuan sekaligus mendata kebutuhan warga."


Selain itu, Go-Jek bersama Kemenkominfo juga telah menyerahkan bantuan makanan siap saji dan air mineral kepada TNI AU di Lanud Halim Perdanakusumah untuk dikirimkan dan didistribusikan ke masyarakat terdampak di NTB, pada Rabu, 8 Agustus kemarin.

Farida Dwi Cahyarini, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam acara penyerahan di Lanud Halim mengapresiasi langkah Go-Jek yang bergerak cepat.

"Terima kasih pada Go-Jek Indonesia yang telah berparitisipasi dalam meringankan beban saudara-saudara kita sebangsa di Lombok yang sedang tertimpa musibah. Semoga bantuan ini sangat bermanfaat, dan bisa dikoordinasikan untuk sampai ke pelosok-pelosok ke daerah yang sedang terisolir," ujar Farida.

Pada kegiatan yang sama, Kolonel (Pnb) Bambang Gunarto - Komandan Wing I, Wakil Komandan Lanud Halim Perdanakusumah, mengatakan, "Saya mewakili Komandan Lanud Halim Perdanakusumah, menerima sumbangan dari Go-Jek Indonesia dan Kementerian Kominfo, siap membantu menyalurkan sesegera mungkin untuk sampai ke tujuan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh saudara-saudara yang sedang terkena dampak."

Melalui Go-Tix, Pengguna Go-Jek Bisa Berdonasi untuk Korban Gempa NTB
Para pengguna Go-Jek yang ingin membantu korban gempa NTB, bisa berdonasi melalui layanan Go-Tix yang ada di aplikasi Go-Jek.

Bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional, pengguna Go-Jek bisa berdonasi mulai Rp 5.000 hingga Rp 100.000 berlaku kelipatan. Layanan donasi ini dibuka mulai tanggal 8 Agustus hingga 15 Agustus mendatang.

"Dengan adanya layanan donasi online di Go-Tix, kami berharap para pengguna bisa dengan mudah bila ingin menunjukkan kepedulian mereka terhadap masyarakat Lombok. Semua dana yang terkumpul akan disalurkan oleh Baznas untuk membangun kembali Lombok," tutup Delly.
#GoJek #gempa #Lombok
BERITA TERKAIT
Hari Kemerdekaan, GO-FOOD Promo Serba Rp17.000
Tata Motors Bantu Korban Gempa Lombok
Google Assistant Juga Hadirkan Berita-berita Bagus
Animo Tinggi, LINE Rilis Stiker Asian Games Lagi
Telkomsel Hadirkan Perpustakaan Digital T-PERPUS
Sambut Idul Adha, Astra Sebar 1.866 Hewan Qurban
Hadir di GIIAS Makasar, Wuling Gandeng Mitra Diler

ke atas