PASAR MODAL

Jumat, 10 Agustus 2018 | 13:47 WIB

BEI Incar Calon Emiten dari Segmen Profesi KUR

Mohammad Fadil Djailani
BEI Incar Calon Emiten dari Segmen Profesi KUR
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta -PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperluas jangkauan pencarian calon-calon emiten hingga ke nasabah KUR (Kredit Usah Rakyat).

Sebelumnya BEI mengincar nasabah-nasabah kredit perbankan dengan nilai kredit di atas Rp1 triliun.

Direktur Utama BEI, Inarno Djayadi mengatakan, pihaknya tidak hanya mengejar nasabah perbankan dengan nilai kredit di atas Rp1 triliun. Tapi nasabah-nasabah perusahaan golongan KURdan memenuhi ketentuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan penawaran umum perdana saham akan dibimbing.

"Ini sejalan dengan rencana kami untuk membentuk papan akselerasi dan kalua belum layak akan masuk incubator terlebih dahulu," kata Inarno di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Ia menambahkan, untuk memitigasi risiko, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan bank penyalur KUR untuk melihat kelaayakan perusahaan yang dimaksud."Kita lihat rekan jejak perusahaananya," ucap dia.

Disamping nasabah KUR, kata dia, BEI juga akan mengincar perusahaan-perusahaan tambang untuk IPO. Hal itu sejalan dengan tren naiknya harga komoditas saat ini."Harga komoditas naik kebutuhan dana ekspansi juga naik," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong perusahaaan perusahaan terafiliasi dengan perusahaan yang telah mencatatkan saham di bursa untuk IPO."Misalanya anak usaha emiten," katanya.

Untuk diketahui, sepanjang tahun ini telah 31 perusahaan menjadi emiten baru nilai emisi Rp12.5 triliun dan 17 perusahaan tengah menunggu ijin efektik penerbitan efek bersifat ekuitas dari OJK.

"Jadi tahun ini aka nada rekor jumlah emiten baru," kata dia. [jin]

#BEI #CalonEmiten #KUR #IPO
BERITA TERKAIT
(Rehat Siang) IHSG 41 Poin di Atas Level Psikologis 6.000
IPO, Saham Pool Advista Finance Melonjak 68%
Inilah Alasan Racik Ulang Indeks BEI
(Pehitungan Indeks Berdasarkan Saham Beredar) Ketergantungan pada Saham Kakap Bakal Tinggi
Menit Pertama, IHSG Tergerus 26 Poin di 5.751
Ini Pemanfaatan Dana IPO PT Urban Propertindo
IPO, Urban Jakarta Tawarkan Saham Rp1000-1250

ke atas