EKONOMI

Jumat, 10 Agustus 2018 | 17:33 WIB

OJK Pelototi Aliran Dana 'Panas' di Tahun Politik

Mohammad Fadil Djailani
OJK Pelototi Aliran Dana 'Panas' di Tahun Politik
Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memantau dengan ketat dan jeli setiap aliran dana yang masuk ke industri pasar keuangan, apalagi saat ini berdekatan dengan tahun politik dimana aliran dana panas cukup deras.

Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen memastikan hal tersebut tidak akan terjadi, menurutnya tameng penggunaan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sudah lebih dari cukup untuk mengatasi hal tersebut ditambah lagi peran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Kita sudah ada PPATK, sudah ada penegak hukum ketentuan mengenai mekanisme pengawasan yang terkait dengan UUD pencucian uang, mekanisme pelaporan mulai dari perbankan semua industri jasa keuangan itu sudah ada," kata Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal 2B OJK Djustini Septiana menambahkan, PPATK rutin memberikan data aliran uang yang tidak wajar. Namun lantaran keterbatasan kewenangan, OJK menyerahkan penelusuran aliran dana tersebut kepada perbankan.

"Kalau PPATK hanya kasih secara global ini yang perlu di perhatikan ada dana tidak biasa. Kemudian apakah mengalir kemana-kemana kita tidak tahu kita butuh bantuan dari teman-teman perbankan. Karena mereka yang tahu nasabah itu," katanya.

Hingga saat ini kata dia, OJK belum menemukan adanya temuan indikasi aliran dana panas yang masuk ke pasar modal, terkait kegiatan politik. [jin]

#OJK #BEI #PasarModal #TahunPolitik
BERITA TERKAIT
Fungsi Bank Senasib dengan Ojek Pangkalan?
OJK: Hati-hati Kredit Online, Banyak yang Ilegal
Laporan Telat, OJK Bekukan Gelora Karya Jasatama
(;Smelter;PemprovPapua;) Investasi Pariwisata dan Gaya Hidup di Arab Saudi
Tahun Politik, Menaker Hanif Naikan UMP 8,03%
OJK Kembangkan Kebijakan Berbasis Riset
OJK Pacu Fintech untuk UMKM dan Keuangan Syariah

ke atas