OLAHRAGA

Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:09 WIB

Fernando Alonso Putuskan Pensiun dari F1

Andi Putra
Fernando Alonso Putuskan Pensiun dari F1
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Pebalap F1 tim McLaren, Fernando Alonso, mengumumkan dirinya akan pensiun di akhir musim balap 2018.

Alonso menjalani debut di F1 pada musim 2001 di GP Australia bersama tim Minardi. Juara dunia dua kali itu menjalani balapan yang sulit sejak bergabung dengan McLaren dari Ferrari di musim balap 2015

Usai pindah ke McLaren Alonso mengalami penurunan performa, ia tidak mampu bersaing di posisi lima besar. Terakhir pebalap asal Spanyol itu memenangi balapan GP Katalunya bersama Ferrari 2013 lalu.

Di musim balap 2018 in, Alonso sudah mengoleksi 44 poin, namun ia belum pernah sekalipun memenangkan seri balap ataupun naik podium.

"Setelah 17 tahun yang luar biasa dalam olahraga yang luar biasa ini saatnya bagi saya untuk membuat perubahan dan melanjutkan," ujar pembalap berusia 37 tahun itu dikutip dari BBC.

Musim balap 2018 menyisakan sembilan seri lagi, Alonso berambisi mengakhirinya dengan catatan bagus.

"Saya membuat keputusan ini beberapa bulan yang lalu dan itu adalah keputusan yang tegas. Masih ada beberapa grand prix untuk pergi musim ini, dan saya akan mengambil bagian di dalamnya dengan komitmen dan semangat lebih dari sebelumnya," ia menambahkan.

Usai pensiun dari F1, Alonso belum bisa memastikan apakah dirinya masih akan terlibat dalam dunia balap jet darat.

"Mari kita lihat apa yang akan terjadi di masa depan; tantangan baru yang mengasyikkan ada di mana-mana. Saya mengalami salah satu saat paling bahagia dalam hidup saya, tetapi saya harus terus mengeksplorasi petualangan baru," ia memungkasi.

#FernandoAlonso #F1 #McLaren
BERITA TERKAIT
(Hong Kong Terbuka) Hadapi Kamura/Sonoda, Marcus/Kevin Siap Capek
(Hong Kong Terbuka) Marcus/Kevin Tembus Babak Final
Vinales Raih Pole di Seri Akhir MotoGP
(Hong Kong Terbuka) Jepang Jadi Batu Sandungan Greysia/Apriyani Lagi
(Hong Kong Terbuka) Tak Ada All Indonesian Finals di Ganda Putra
CLS Knights Diminta Jaga Konsistensi Permainan
(Hong Kong Terbuka) Tenaga Jonatan Christie Terkuras

ke atas