DUNIA

Senin, 20 Agustus 2018 | 08:09 WIB

Ghani Tawarkan Gencatan Senjata kepada Taliban

Ghani Tawarkan Gencatan Senjata kepada Taliban
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (Foto: dnaindia)

INILAHCOM, Kabul--Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mendeklarasikan gencatan senjata tiga bulan dengan Taliban. Tetapi gencatan senjata akan dilanjutkan hanya jika Taliban melakukan hal serupa, demikian VOA, Senin (20/8/2018).

Pengumuman itu disampaikan dalam siaran televisi, Minggu (19/8/2018), menyusul minggu berdarah di Afghanistan dimana Taliban melancarkan serangan besar-besaran terhadap ibukota Provinsi Ghazni.

Antisipasi telah meningkat menjelang pidato Ghani setelah muncul sinyal yang simpang siur dari Istana Kepresidenan mengenai apakah pemerintah akan menawarkan gencatan senjata baru, menyusul gencatan senjata singkat, belum pernah terjadi sebelumnya awal tahun ini.

"Saya sekali lagi mengumumkan gencatan senjata mulai besok sampai Maulid Nabi asalkan Taliban menerimanya," kata Ghani, mengacu pada Maulid Nabi Muhammad yang dirayakan di Afganistan pada 21 November.

Ghani mengatakan pemerintahannya menghapus "semua rintangan" menuju perdamaian dengan pengumuman itu setelah berkonsultasi dengan para ulama, partai politik dan kelompok masyarakat madani. [voa/lat]

#gencatan #senjata #afghanistan #taliban
BERITA TERKAIT
Taliban Tuntut Konstitusi Baru bagi Afghanistan
(Menteri Luar Negeri Iran) Eropa Gagal Pertahankan Kesepakatan Nuklir
Vatikan Pecat Bekas Kardinal McCarrick
PM India akan Balas Bom Diri di Kashmir
Berapa Banyak Jumlah Muslim di Amerika?
Putra Mahkota Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia
3 Negara Eropa Cabut dari KTT Timteng Lebih Awal

ke atas