NASIONAL

Selasa, 21 Agustus 2018 | 00:05 WIB

Hewan Kurban di Tuban Dinyatakan Sehat

Hewan Kurban di Tuban Dinyatakan Sehat
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Tuban - Sejumlah petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual di sejumlah titik, Senin (20/8/2018).

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan yang dijual untuk hewan kurban pada hari raya Idul Adha itu. Dari pemeriksaan, petugas tidak menemukan hewan kurban yang mengalami masalah.

Pantauan beritajatim.com, sejumlah petugas peternakan mendatangi tempat-tempat penjualan hewan kurban. Diantaranya, lapak hewan kurban yang ada di kawasan Kelurahan Perbon, Sugiharjo, Desa Kowang, Semanding dan beberapa titik lainnya.

"Setiap tahun menjelang Hari Raya Kurban pasti kita lakukan pemeriksaan. Pemeriksaan sudah kita laksanakan selama empat hari terakhir ini," terang Basuki Tjahjono, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan.

Petugas melakukan pemeriksaan secara teliti terhadap kambing maupun sapi yang sedang dijajakan. Seperti pemeriksaan kondisi mata, kelengkapan organ tubuh, struktur gigi, serta kesehatan lainnya. Dengan begitu, akan diketahui apakah hewan tersebut layak digunakan untuk kurban atau tidak.

Dari hasil pemeriksaan yang berlangsung di beberapa wilayah di Kabupaten Tuban ini, petugas tidak menemukan adanya kambing maupun sapi yang kondisinya tidak sehat. Hal itu, dimungkinkan lantaran hewan-hewan kurban yang dijual pada tahun ini lebih terjaga kesehatannya karena sebagisn besar merupakan hewan dari peternak di Tuban saja.

"Dari sisi pemeliharaan, para pertenak juga sudah berpengalaman, jika ada hewannya yang lemah sudah langung memaggil mantri hewan. Hewan yang sakit itu mudah diketahui, cukup dilihat dari fisiknya saja sudah kelihatan," tambahnya.

Pemeriksaan hewan-hewan kurban itu masih akan terus dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban. Rencanya, menjelang H-1 lebaran Idul Adha, petugas akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang sudah dikirim ke masjid-masjid.

"Kita juga akan melakukan pemeriksaan pada hari H (Idul Adha), baik sebelum pemotongan atau sesudahnya. Kalau udah dipotong itu untuk mengetahui kondisi daging dari hewan kurban," pungkasnya.[beritajatim]

#IdulAdha #HewanKurban
BERITA TERKAIT
Viktor Laoskodat Mundur Dari Bursa Calon Menteri
KPK Selamatkan Uang Rp6,5 Triliun Di Sulsel
Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang
Sofyan Basir Kecewa Pada KPK Soal Penangkapannya
Adik Kandung BW Diperiksa KPK, Ini Kasusnya
Sibuk Utak-Atik Kabinet, Nasdem Bagaimana?
Anak SMP Digilir 4 Pemuda Di Surabaya

kembali ke atas