NASIONAL

Rabu, 22 Agustus 2018 | 11:31 WIB

Tradisi Arak Hewan Kurban Sebelum Disembelih

Tradisi Arak Hewan Kurban Sebelum Disembelih
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Malang - Di momen Hari Raya Idul Adha setiap muslim yang mampu secara ekonomi diwajibkan untuk membelih hewan kurban, seperti sapi, kambing, hingga kerbau. Beberapa daerah memiliki tradisi unik.

Salah satunya tradisi pawai hewan kurban yang dilakukan oleh warga di Jalan Gatot Subroto gang 2, Temenggungan, Malang, Jawa Timur. Hewan kurban di arak sebelum disembelih.

"Karena syiar dari ulama dari leluhur kami. Karena hewan yang diarak sebelum disembelih nanti darahnya keluar dengan segar dan lancar," kata ketua panitia Ainul Yakin, Rabu, (22/8/2018).

Ada 64 ekor kambing dan 4 sapi hasil kurban dari warga yang diberikan kepada panitia. Puluhan kambing itu diarak keliling kampung. Anak-anak hingga dewasa larut dalan pawai kambing ini. Mereka juga melantunkan takbir.

"Tradisi ini sejak tahun 1976. Pesan dari para ulama. Karena ini momentumnya juga bertepatan dengan hari kemerdekaan. Kita buat semacam karnaval," ujar Ainul Yakin.

Pada pawai tahun ini, dibuat lebih semarak. Beberapa hewan kurban dihias seperti karnaval. Selain melantunkan takbir, dan shalawat, warga juga menyanyikan beberapa lagu kebangsaan seperti padamu negeri.

"Beberapa ada yang dihias, membawa spanduk dan bendera merah putih. Dan kita tambah dengan kembang api atau flare. Selain itu, kita lantunkan shalawat badar dan beberapa lagu kebangsaan seperti padamu negeri," tandasnya. [beritajatim]

#IdulAdha #HewanKurban
BERITA TERKAIT
Di Aceh, Kerbau Ngamuk, Seorang Warga Diseruduk
Usai Shalat Ied, Sandi Sambangi Rumah Rachmawati
Sapi Kurban Lepas Bubarkan Jamaah Yang Shalat Ied
Idul Adha, Pengrajin Besek Bambu Banjir Pesanan
Jokowi Kurban Dua Ekor Sapi di Solo
Polri Siap Amankan Perayaan Idul Adha 1440 H
Ustaz Yusuf Mansur Khatib Idul Adha di Istiqlal

kembali ke atas