HIBURAN

Rabu, 05 September 2018 | 22:01 WIB

Helmi Yahya Cetak Wirausahawan Handal di Ajang DSC

Aris Danu
Helmi Yahya Cetak Wirausahawan Handal di Ajang DSC
(Foto: inilahcom)
INILAH.COM, Jakarta-Presenter yang kini menjabat Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Helmy Yahya menggelar kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC). Ajang ini siap mencetak wirausahawan muda yang handal.

Helmy yang ditunjuk sebagai Dewan Komisioner (Dekom), sekaligus juri dan mentor pada kompetisi yang telah memasuki tahun ke-9 ini mengungkap sejumlah kriteria untuk menjadi wirausahawan handal.

"Karena ide saja tidak cukup, perlu bekal ilmu, serta pengalaman praktis," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

DSC adalah kompetisi pencarian wirausaha yang memperebutkan total hibah modal usaha senilai Rp 2 miliar. Untuk mencari para pemenang, Dekom akan memberikan tantangan (market challenge) kepada peserta DSC, untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (paham), solusi teknis dan inovasi (piawai) juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (persona).

"Asal tahu saja, beberapa di antara mereka itu ada yang tidak bisa berhitung, sehingga tidak tahu fixed cost (biaya tetap) dan variable cost (biaya tidak tetap) dalam bisnis, misalnya," ujar Helmy Yahya.

Lebih lanjut Helmy mengatakan, peserta dalam kompetisi ini bervariasi, ada yang baru mulai menjalankan usahanya, ada juga yang memerlukan hibah modal usaha untuk pengembangan usahanya.

"Yang pasti, DSC sangat menghargai ide-ide otentik, sehingga ide harus asli dan harus memberi manfaat. Banyak juga mereka yang menjadi socio-preneur dapat menciptakan lapangan kerja," paparnya.

Menariknya, para pemenang DSC nantinya akan dikawal dan dibimbing oleh Dekom yang beranggotakan empat orang, mulai dari inspirasi bisnis, perencanaan, kurasi, hingga evaluasi bisnis. [adc]
#DiplomatSuccesChallenge #DSC #HelmyYahya #TVRI
BERITA TERKAIT
Yura Yunita Masuk Daftar 3 Nominasi AMI Awards
(Fruit Tea School Sensation) Boyband Asal AS, CNCO Goyang Siswa SMA di Bekasi
Yoyo Gandeng Pacar Baru, Ini Komentar Rossa
Naura Konsumsi Kencur untuk Jaga Stamina dan Vokal
Sibuk Manggung, Virza Tonton Televisi Lewat Ponsel
Dinda Kirana Setop Main Sinetron
Istri Mat Solar: Bapak Enggak Mau Syuting Lagi!

ke atas