PASAR MODAL

Jumat, 14 September 2018 | 09:16 WIB
Highlight

Apa Indikasi Ambruknya Lehman Muncul Lagi?

Wahid Ma'ruf
Apa Indikasi Ambruknya Lehman Muncul Lagi?
(Foto: Istimewa)
1


INILAHCOM, Frankfurt - Tanda-tanda pertama dari krisis keuangan global yang akan datang sudah jelas jauh sebelum Lehamn Brothers jatuh.

Demikian pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi saat berbicara pada konferensi pers pertemuan kebijakan di Frankfurt. "Bagi kami, krisis benar-benar dimulai sebelum Lehman. Tanda serius pertama dari krisis yang akan datang sebenarnya berasal dari September 2007," kata Draghi.

"Apa yang saya ingat tentang insiden itu adalah upaya luar biasa dari kerjasama internasional di tingkat dunia. Dengan kata lain, bahkan sebelum Lehman cukup jelas bahwa krisis keuangan akan datang. Dan itu akan memiliki proporsi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan di seluruh dunia," tambahnya seperti mengutip cnbc.com, Kamis (13/9/2018).

Komentar Draghi datang 10 tahun setelah Lehman Brothers mengajukan kebangkrutan, saat ini banyak pengamat eksternal mengidentifikasi sebagai penting dalam terungkapnya krisis keuangan global.

Kegagalan Lehman Brothers pada tahun 2008 mengguncang pasar global. Ini adalah bank investasi AS terbesar keempat ketika runtuh pada September 2008. Insiden ini mendorong erosi hampir US$10 triliun kapitalisasi pasar dalam ekuitas global pada bulan berikutnya.

#BursaSaham #Dolar #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Minyak Mentah Global Tembus US$80 per Barel
Apa Dampak Perang Tarif Bagi Ekonomi China?
Bursa Saham Asia Kurang Dukungan
IHSG Berakhir Longsor 1,27% ke 5.882
Bursa Saham Eropa Memerah di Awal Sesi
AS Bersiap Pungut Tarif Baru 10% Senilai US$200 M
Rehat Siang, IHSG Nyungsep 1% ke 5.893

ke atas