TEKNOLOGI

Sabtu, 15 September 2018 | 01:01 WIB

Ilmuwan Temukan 3 Spesies Ikan Baru

Ilmuwan Temukan 3 Spesies Ikan Baru
Gambar ini menunjukkan hasil CT Scan ikan siput Atacama, spesies ikan baru yang ditemukan di Palung Atacama, sebelah barat pantai Chili dan Peru, pada kedalaman hampir 8.000 meter. (Newcastle University)
INILAHCOM, Newcastle - Tiga spesies ikan baru, yang sementara ini diberi nama Pink, Purple, dan Blue, sesuai warnanya, telah ditemukan di dasar salah satu bagian terdalam Samudera Pasifik.

Ikan-ikan ini termasuk ke dalam keluarga siput (Liparidae), dengan kepala bulat, tembus pandang, berbentuk seperti pita dan tanpa sisik.

Ketiga spesies ini ditemukan di Palung Atacama di lepas pantai barat Chili dan Peru pada kedalaman hampir 8.000 meter. Bentuknya yang tidak biasa dirancang untuk menahan suhu dingin dan tekanan ekstrem.

"Tanpa tekanan ekstrem dan dingin untuk mendukung bentuknya, ikan-ikan ini sangat rapuh dan meleleh dengan cepat jika dibawa ke permukaan," kata Thomas Linley, seorang ilmuwan dari Newcastle University, Inggris, dalam pernyataannya yang dilansir VOA News.

Linley memimpin tim yang terdiri dari 40 ilmuwan asal 17 negara yang membuat temuan itu.

Penelitian tersebut berhasil merekam video ikan tersebut di lingkungannya. Setidaknya satu spesimen yang dibawa ke permukaan hidup untuk dipelajari lebih lanjut.

Ada lebih dari 100 spesies ikan siput di seluruh dunia. Para ilmuwan yakin masih banyak lagi yang harus ditemukan, seperti tiga spesies ikan baru yang ditemukan di Atacama.


#ilmuwan #ikan #spesies #SamuderaPasifik
BERITA TERKAIT
Twitter Kembalikan Linimasa ke Urutan Kronologis
Gempa Lombok, Samsung Donasi Rp1,5 Miliar
(Padukan Teknologi dan Desain Modern) Polytron Luncurkan Lemari Es dan Showcase Baru
Apple Selesaikan Akuisisi Shazam
XL Tingkatkan Kualitas Layanan Data di Jawa Timur
(Daihatsu Dress-up Challenge 2018) Kontes Modifikasi Daihatsu Sambangi Palangkaraya
Mercedes-Benz Pasarkan GLC Buatan India di AS

ke atas