METROPOLITAN

Jumat, 14 September 2018 | 11:47 WIB

Oktober, Polda dan Pemprov Uji Coba e-TLE

Happy Karundeng
Oktober, Polda dan Pemprov Uji Coba e-TLE
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan pihaknya bersama Pemprov DKI Jakarta sepakat menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). e-TLE adalah sebuah sistim elektronik pengawasan dan penegakan hukum lalu lintasatau biasa disebut tilang elektronik.

"Rencana memang kita kemarin, tanggal 22 September kita launching, tapi karena ada beberapa kegiatan Asian Games dan sebagainya. Jadi kita undur lagi, kemungkinan besar paling lambat, Oktober. Harus bisa laksanakan ini. Kita Oktober uji coba sambil sosialisasi. Satu bulan kemudian penerapan penegakan," katanya di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, salah satu tujuan pemberlakuan e-TLE adalah untuk mengurangi kemacetan ibukota Jakarta yang semakin parah. Selain itu juga, diharapkan dengan sistem ini masyarakat lebih taat kepada peraturan lalu lintas.

Dalam penerapan itu, Yusuf mengaku akan bertahap. Tapi e-TLE akan terlebih dahulu diujicoba di sepanjang jalur Jl Sudirman-MH Thamrin.

"Memang tadi kita susah koordinsi dengan Dishub juga, jadi kalau memang target kita Sudirman dan Thamrin dulu, kita protokl dulu. Seperti waktu kita melaksanakan ganjil-genap. Kan Sudirman-Thamrin dulu. Protokol dulu. Ini terpantau oleh semua kalangan, semua lapisan masyarakat. Dan ini jalan ini, melalui jalan ini dari kota maupun luar kota melalui jalan ini," pungkas Yusuf.

Sebelumnya, setelah berulang kali tertunda, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKIJakartasepakat menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Dipastikan, E-TLE akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, sebenarnya menyayangkan sistem ini baru akan diterapkan di Jakarta. Sebab banyak negara maju sudah lebih dulu memberlakukannya.

"Kita baru menggunakan kamera, kamera pun kita baru mulai, tapi nggak apa-apa meskipun terlambat kita harus jalan, dan sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait yang penting jalan dulu. Nanti kalau ada kekurangan diperbaiki," kata Yusuf. [hpy]
#PoldaMetroJaya #PemprovDKI #e-TLE
BERITA TERKAIT
Polisi Bisa Panggil Paksa Ketua DPRD DKI
Polisi Selesaikan Kendala e-TLE Dalam Pelaksanaan
Polda Metro Panggil Pengusaha Diskotek Pekan Depan
(Seret Nama Ketua DPRD DKI Jakarta) Polisi Harus Transparan Dalam Penyelidikannya
PNS DKI Jajan Pakai JakOne Mobile
Siang Ini Hujan Lokal di Jakbar dan Jaksel
Kecelakaan Beruntun di Tol Kamal

ke atas