EKONOMI

Minggu, 23 September 2018 | 16:05 WIB

Pemulangan Devisa Belum Bisa Angkat Rupiah

Indra Hendriana
Pemulangan Devisa Belum Bisa Angkat Rupiah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kebijakan pemerintah terkait pemulangan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dinilai belum berdampak pada penguatan nilai tukar rupiah terhadap US$. Sebab, hanya sebatas imbauan saja.

Kebijakan memulangkan DHE ini hanya di urusan imbauan dan insentif. Atau aturan pelaporan yang sifatnya parsial. Kalau sekedar moral suassion atau seruan efeknya hampir dipastikan kecil, kata Ekonom Indef Bhima Ydhistrira kepada INILAHCOM, Minggu (23/9/2018).

Pemerintah tidak bisa menahan DHE lebih lama di dalam negeri. Bahkan DHE yang dibawa pulang hanya dicatatkan saja di Bank Indonesia dan kemudian dibawa lagi ke luar negeri.

Adapun 92% DHE yang masuk ke Indonesia hanya dalam hitungan hari bisa kembali ke luar negeri. Sistem devisa kita kelewat liberal, ujar dia.

Mustinya pemerintah lebih lama lagi menahan DHE itu. Caranya dengan merevisi undang-undang No 24 tahun 1999 tentang lalu lintas devisa.

Revisi UU itu menambahkan kewajiban DHE ditahan dibank domestik kalau tidak 12 bulan bisa lebih longgar 6-9 bulan, ujar dia.

Dari revisi itu, bisa dibuat aturan turunan terkait sanksi adminstratif bagi eksportir yang tidak mematuhi aturan DHE seperti pencabutan sementara izin ekspor.

Selama tidak dirubah UU nya maka pemaksaan pemerintah menarik devisa akan berujung pada gugatan melanggar hukum, ujar dia. [hid]

#Rupiah #DevisaHasilEkspor
BERITA TERKAIT
BI: Cadev November Tertolong Penguatan Uang Garuda
Rupiah Melemah, Darmin Malah Salahkan Bos Huawei
Darmin Haqqul Yaqin Rupiah ke Level Fundamental
Berbalas Pantun Gejolak Nilai Tukar Rupiah 2019
Rupiah Terus Menguat, Tapi Sampai Kapan?
Inflasi Bulan November Capai 0,27%
Darmin Jelaskan Dampak Inflasi Rendah

ke atas