MOZAIK

Minggu, 07 Oktober 2018 | 00:04 WIB

Bahagianya Punya Anak Cucu Orang-orang Baik

Bahagianya Punya Anak Cucu Orang-orang Baik
(Foto: Ilustrasi)

TAHUKAH Anda bahwa Rahmah isteri Nabi Ayyub yang penyabar itu adalah puterinya Misya, sementara Misya adalah puteranya Nabi Yusuf, dan Nabi Yusuf adalah putera Nabi Ya'qub. Nabi Ya'qub adalah putera Nabi Ishaq dan Nabi Ishaq sendiri adalah putera Nabi Ibrahim alayhimussalaam.

Tahukah Anda bahwa Nabi Musa yang dilawan Fir'aun itu adalah putera Imran, dan Imran adalah putera Yashhar yang merupakan putera Qahits. Qahits adalah putera Lawai, dan Lawai adalah putera Nabi Ya'qub. Nabi Ya'qub adalah putera Nabi Ishaq yang putera Nabi Ibrahim alayhimussalaam.

Jadi, Nabi Ibrahim itu adalah kakek urutan 4 ke atas dari Siti Rahmah dan kakek urutan 6 ke atas dari Nabi Musa. Lihatlah urutan nasabnya, dari beliau lahir orang-orang baik. Ada banyak lainnya yang belum sempat saya uraikan, termasuk yang dari jalur Nabi Isma'il. Lantas apakah kira-kira yang menjadikan keturunannya itu menjadi orang-orang baik dengan iman berkelas tinggi?

Cobalah renungkan keistimewaan Nabi Ibrahim dalam ayat berikut ini: Allah SWT berfirman: "Sungguh, Ibrahim adalah seorang imam (yang dapat dijadikan teladan), patuh kepada Allah dan hanif. Dan dia bukanlah termasuk orang musyrik (yang mempersekutukan Allah)," (QS. An-Nahl 16: Ayat 120)

Beliau disebut "ummah" atau imam yang dapat dijadikan teladan karena didalam dirinya terdapat semua jenis akhlak yang baik. Karena itulah dalam ayat yang lain beliau disebut sebagai "uswatun hasanah" bersama dengan Nabi Muhammad SAW. Inginkah memiliki anak cucu yang baik dan berkelas tinggi? Jadilah orang tua yang baik yang menjadi wadah dari semua akhlak yang baik. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Kisah Terindah
Membunuh Waktu Mengais Hikmah dari Senior
Mengkritik Imam Al-Ghazali yang Tak Pernah Perang
Haruskah Kita Ikuti Kisah Sukses Orang Lain?
Waktu adalah Uang
Menghormati, Menghargai dan Tak Menyakiti
Berbekallah untuk Perjalananmu

ke atas