GAYA HIDUP

Senin, 01 Oktober 2018 | 20:15 WIB

Petani Muda Rasakan Manfaat dari Perpustakaan

Mia Umi Kartikawati
Petani Muda Rasakan Manfaat dari Perpustakaan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Petani muda Anjar Priyanto mengaku sangat mendapatkan manfaat dari adanya perpustakaan yang berada di desa Kelor.

Dia mengaku awalnya tidak mengetahui bagaimana cara bertani yang baik dan benar. Setelah membaca buku dan melakukan research melalui internet, Anjar semakin paham bagaimana cara untuk bercocok tanam yang baik.

Petani muda dari Desa Kelor Kabupaten Gunung Kidul itu berhasil membudidayakan terong dan cabai merah. Berawal keinginan menambah pengetahuan tentang budidaya 2 komoditas tersebut, Anjar melangkahkan kaki dan memperoleh pengetahuan baru di perpustakaan.

Saya sangat senang ketika iimu yang saya dapatkan memberikan dampak pada peningkatan hasil panen saya. Sehingga saya pun berinisiatif mengajak pemuda lain untuk bergabung kelompok tani muda," papar Anjar Priyanto, Jakarta, baru - baru ini.

Awalnya, masih menurutnya, pihaknya memang mendapat cibiran dari masyarakat, namun membuatnya semakin terpacu untuk terus belajar pertanian modern di perpustakaan.

"Kini kelompok tani muda semakin berkembang, baik dalam jumlah petani muda dan penghasilannya, tambah Anjar.

Melihat keberhasilan PerpuSeru dalam memberikan dampak pembangunan kesejahteraan khususnya masyarakat pedesaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang didukung oieh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pada tahun 2019 akan mereplikasi program PerpuSeru untuk menjadi salah satu strategi pengentasan kemiskinan melalui pemanfaatan perpustakaan untuk membangun kesejahteraan masyarakat, dalam kegiatan Prioritas Nasional.

Pada tahun 2019 Bappenas telah menyetujui program PerpuSeru untuk masuk ke dalam Prioritas Nasional dengan tiga tujuan yaitu:

1. Pembangunan Manusia Melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar, melalui Program Prioritas

2. Pemerataan Layanan Pendidikan Berkualitas, dengan Kegiatan Prioritas

3. Penguatan Literasi Untuk Kesejahteraan dengan target 300 perpustakaan Kabupaten.(tka)

#petani #muda #perpustakaan #manfaat #sumber #daya #manu
BERITA TERKAIT
Banyak Manfaat Ketika Olahraga Sejak Kecil
Area Rumah Bisa Jadi Sumber Kuman Penyakit
Manfaat Dongeng Bagi Tumbuh Kembang Anak
Deteksi Awal Kanker Rongga Mulut Sangat Penting
Cegah Bahaya Kanker Rongga Mulut
KidZania CongreZZ Gali Ilmu Tentang Komunikasi
Kemahiran Bahasa Inggris Pengaruhi Tingkat Sosial

ke atas