GAYA HIDUP

Selasa, 02 Oktober 2018 | 17:21 WIB

Pertolongan Ketika Sendi Bahu Lepas

Suyadi
Pertolongan Ketika Sendi Bahu Lepas
(Foto: Ilustrasi)

ARTICULATIO humeri merupakan persendian antara lengan dengan bahu (scapulae). Sendi ini diperkuat oleh ikat sendi dan otot-otot dada, belikat dan bahu. Bagian bawah dari sendi ini ada ruang yaitu ketiak yang lemah pertahanannya.

Gerakan tangan yang memaksa dan melebihi kemampuan sendi kadangkala bisa menyebabkan pangkal lengan keluar atau sendi lepas. Jika itu terjadi biasanya ke arah bagian ketiak yang merupakan tempat yang lemah tahanannya. Kemudian caput humery atau pangkal lengan berada di depan dada di bawah selangka, atau karena ditarik oleh otot punggung maka pangkal lengan ada di bawah belikat.

Kejadian ini biasanya karena kecelakaan. Seperti jatuh mengendarai motor, olahraga badminton, jatuh di kamar mandi, dan lain-lain. Namun ini bisa dikembalikan atau ditolong dengan urut atau pijat. Terapi urut/pijat boleh diberikan dilakukan selama tidak ada infeksi atau terjadi pembengkakan.

Cara mengembalikan menolong luksasio subclavikularis maupun subspinalis yakni posisi tangan yang sakit atau pangkal lengannya terlepas disilang di depan dada. Posisi lengan bawah telentang atau menadah (spinaxio) atau adductio lengan atas, sampai siku di depan tengah dada dan tangan menyentuh bahu.

Kemudian bagian lengan atas yang sakit didorong ke bawah sambil pangkal lengan di arahkan menuju ketiak dan dimasukan ke tempatnya kembali. Ini harus dikerjakan secara halus, jangan memaksa sampai penderita merasakan kesakitan. Sesudah betul kembali berikan rileksasi pada urat-urat hingga badan merasa nyaman, segar dan tangan kembali pulih. [*]

#Suyadi #Sendi
BERITA TERKAIT
Ini yang Bisa Rangsang Bayi Jadi Pintar
Tips Jitu Cara Mengasuh Anak Perempuan
(Korba Gempa dan Tsunami) Makanan Hingga Popok Bayi Sangat Dibutuhkan
(Banyuwangi) 20 Ribu Santri Siap Ramaikan Festival Santri 2018
(Tren Kecantikan) Banyak Perempuan Ingin Cantik Instan Tanpa Operasi
Gunakan BB Cushion, Pengaruhi Pori - Pori Wajah?
Kulit Tetap Sehat Meski Sering Berhias Wajah

ke atas