MOZAIK

Sabtu, 06 Oktober 2018 | 01:11 WIB

Belajar dan Berlatih Tiada Henti

KH Abdullah Gymnastiar
Belajar dan Berlatih Tiada Henti
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya kepada Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selalu mendapatkan taufik dan hidayah-Nya. Sungguh beruntung orang yang mendapat hidayah Allah, niscaya ia akan selamat di dunia dan bahagia di akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ternyata kegigihan seseorang menempa diri, belajar dan berlatih tiada henti akan sangat mendatangkan pertolongan Allah Swt. Karena pertolongan Allah Swt dijemput dengan kesungguhan berdoa kepada-Nya dan kesungguhan memaksimalkan ikhtiar.

Belajar dan berlatih adalah bagian yang tak terpisahkan dari ikhtiar kita. Dan ada beberapa kunci agar proses belajar dan berlatih kita menjadi efektif dan bernilai. Di antaranya :

Menyadari kekurangan yang ada pada diri dan harus dipandang sebagai ancaman bagi diri sendiri.
Tekad yang sangat kuat untuk bisa memperbaiki kekurangan yang ada.
Pelajari dengan benar tahapan-tahapan perbaikan yang prosedural.
Buat target realistis untuk mencapai target tersebut.
Buat penjadwalan yang disesuaikan agar dapat mendukung pencapaian target.
Lakukan dengan sangat disiplin tak kenal malas dan lalai serta bosan.
Tentu kekuatan niat dan doa akan menjadi kekuatan inti dalam mencapai target dan jadi bernilai ibadah.
Setiap perkembangan akan jadi penambah motivasi untuk lebih gigih mencapai target.
Jangan pernah puas dengan kemampuan yang ada, teruslah tingkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang yang dapat mendukung bertambahnya nilai manfaat diri kita.

Saudaraku, yakinilah bahwa belajar dan berlatih dengan giat merupakan bentuk kesyukuran kita kepada Allah Swt atas berbagai karunia yang Allah limpahkan kepada kita berupa berbagai potensi yang ada dalam diri kita. Dan, Allah Swt akan menambahkan karunia-Nya jikalau kita pandai bersyukur.

Pribadi yang giat belajar dan berlatih adalah pribadi yang dicintai oleh Allah Swt. dan rosul-Nya. Karena Rasulullah Saw bersabda,Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripadamukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah.(HR. Muslim, Ahmad, Ibn Majah, an Nasai)

Selamat menikmati pengembangan kemampuan diri dengan giat belajar dan berlatih sebagai rasa syukur kepada Allah Swt. Dan sesungguhnya Allah telah berjanji akan menambah karunia kepada hamba-Nya yang bersyukur.WAllahualam bishowab. [smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Kesalahan Menyikapi Masalah
Mengharap Ridho hanya pada Allah
Yakin dengan Janji dan Jaminan Allah
Ridho dengan Takdir Allah
Semangat Menjadi Solusi
Membangun Ukhuwah dengan Kelembutan
Bentuk Balasan dari Dosa

ke atas