MOZAIK

Kamis, 04 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Awas, Jangan Berteman dengan 5 Macam Manusia Ini

Awas, Jangan Berteman dengan 5 Macam Manusia Ini
(Foto: ilustrasi)

SAYYIDINA Husein bin Ali pernah berwasiat kepada putranya, Wahai anakku, perhatikanlah lima macam manusia ini. Lalu janganlah engkau berteman dengan mereka.

Siapa mereka wahai ayahku, beritahukan kepadaku, tanya sang anak.

Janganlah engkau berteman dengan pembohong karena ia seperti fatamorgana. Mendekatkan yang jauh darimu dan menjauhkan yang dekat.Janganlah engkau berteman dengan seorang fasiq (ahli maksiat). Karena ia bisa menjualmu dengan sesuap makanan, bahkan lebih sedikit dari itu.

Janganlah engkau berteman dengan seorang yang bakhil (kikir). Karena ia akan menjerumuskanmu dengan hartanya disaat engkau sangat membutuhkannya.

Janganlah engkau berteman dengan orang dungu. Karena ia ingin memberi manfaat untukmu tapi malah menyusahkanmu.

Dan janganlah engkau berteman dengan orang yang memutus silaturahmi. Karena aku menemukan (pemutus tali silaturahmi) sebagai orang-orang yang terlaknat di dalam Al-Quran di tiga tempat,

Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang Dikutuk Allah.. (QS.Muhammad:22-23)

Dan orang-orang yang melanggar janji Allah setelah diikrarkannya, dan memutuskan apa yang Diperintahkan Allah agar disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi; mereka itu memperoleh kutukan dan tempat kediaman yang buruk (Jahannam). (QS.Ar-Rad:25)

(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang Diperintahkan Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS.Al-Baqarah:27)

Mari kita lebih berhati-hati untuk memilih teman dan jangan lupa untuk mengingatkan kepada keluarga dan anak-anak kita. Karena kepribadian seseorang sangat bergantung dengan siapa ia berteman. []

#Manusia #Teman
BERITA TERKAIT
Nasib Manusia Ditentukan di Akhir Kehidupannya
Allah Mencintai dan Dicintai Hamba-Nya
(Wasiat 6) Tidak Takut Celaan Ketika Berdakwah di Jalan Allah
Syair: Menghapus Amarah Tuhan
Hukum Prasangka Jelek pada yang Lahiriahnya Baik
Penggunaan Kata Dzan (Praduga) dalam Alquran
Apakah Anak Hasil Zina Tak Mungkin jadi Soleh?

kembali ke atas