NASIONAL

Minggu, 07 Oktober 2018 | 17:15 WIB

GNPF Desak Menlu Copot Dubes RI Untuk Arab Saudi

Ivan Setyadhi
GNPF Desak Menlu Copot Dubes RI Untuk Arab Saudi
Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama mendesak Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi untuk mencopot Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Agus, dinilai tidak bertanggungjawab atas perannya untuk menjaga dan mengayomi warga RI di Saudi, khususnya terkait permasalahan yang dialami Iman Besar FPI Habib Rizieq Syihab.

"Kami selaku anak bangsa sebagai pengikut beliau, agar Menlu RI segera mencopot jabatan AMA atau Presiden RI memerintahkan agar Menlu RI untuk mencopot dubes RI untuk KSA yang lalai dalam pelayanan pendampingan WNI, yang butuh pengamanan serta per lindungan hukum serta tidak mengayomi dan tidak berupaya melindungi keselamatan yang mengancam terhadap diri HRS selaku WNI," ujar Anggota GNPF Ulama, Damai Hari Lubis dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (7/10/2018).

Lubis menjelaskan, setelah Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Al-Suaibii pada 28 September 2018 mengatakan pencekalan terhadap HRS (Habib Rizieq Syihab) disebabkan karena KSA (Arab Saudi) khawatir terhadap keselamatan diri Arab Saudi, harusnya pemerintah bergerak cepat.

"Sudah sewajarnya Dubes RI untuk KSA, Agus Maftuh Abegebriel langsung segera bereaksi cepat, memfollow up sambil melakukan investigasi serta antisipasi tindakan pengamanan yang ekstra terhadap HRS selaku warga negara RI," ungkapnya.

Agus seharusnya melindungi dan menjaga keselamatan Rizieq selama di Saudi. GNPF menilai Agus malahan menyarankan Rizieq untuk mencari perlindungan hukum sendiri dengan menunggu amnesti keimigrasian.

"Saran yang disampaikan oleh dubes RI untuk HRS untuk menunggu dan memohon amnesti keimigrasian program massal pemerintahan KSA adalah bukan solusi, melainkan lepas tangan seorang pejabat aparatur negara dari fungsi dan tugasnya sebagai pejabat yang mewakili pemerintahan sah negara RI," kritiknya.

Melihat tidak adanya upaya perlindungan yang dilakukan Agus, Damai mewakili GNPF Ulama, mendesak agar Menlu Retno segera mencopot Agus dari jabatannya. GNPF juga meminta agar pemerintah RI segera mencari sosok pengganti Dubes RI yang lebih cakap dan tanggap.[Ivs].

#GNPF #HRS #MenluRI #DubesRIUntukArabSaudi #Copot
BERITA TERKAIT
Soal Utusan Jokowi, BPN Masih Fokus Awasi C1
KPU Akan Cek Unsur Kesengajaan Input Data C1
Utusan Jokowi Temui Prabowo, BPN: Belum Perlu
Mulai Pulih, Sandi Akan Temui Relawan Besok
Gunung Agung Kembali Erupsi 3.000 Meter
Buktikan C1,Jubir TKN Siapkan Rp100 Juta untuk BPN
Mantan Wakil Ketua KPK Nilai Pemilu 2019 Curang

kembali ke atas