DUNIA

Senin, 08 Oktober 2018 | 22:25 WIB

Dua Warga AS Raih Hadiah Nobel Ekonomi

Dua Warga AS Raih Hadiah Nobel Ekonomi
William D. Nordhaus (kiri) dan Paul Romer (Foto: voa)

INILAHCOM, Stockhlom--Dua periset Amerika Serikat (AS) telah memenangkan Hadiah Nobel untuk ekonomi tahun ini. Demikian VOA melaporkan, Senin (8/10/2018).

William Nordhaus dari Universitas Yale dan Paul Romer dari Universitas New York berbagi hadiah uang sebesar US$1,01 juta.

Sebuah pernyataan dari Royal Swedish Academy of Sciences mengatakan, Penerima Hadiah Nobel Ekonomi tahun ini telah memperluas cakupan analisis ekonomi secara signifikan dengan membangun model yang menjelaskan bagaimana ekonomi pasar berinteraksi dengan alam dan pengetahuan.

Kampus-kampus di AS selama ini mencetak banyak penerima Nobel Ekonomi. Dari 79 laureates (penerima) Nobel Ekonomi, 61 di antaranya terafiliasi dengan universitas-universitas di AS.

University of Chicago,yang berlokasi di Chicago, Illinois, mencetak penerima terbanyak. Ada 13 penerima yang tercatat terafiliasi dengan kampus yang justru berada di peringkat ketujuh universitas terbaik untuk jurusan ekonomi di dunia tahun 2017 versi situs Top Universities. [voa/lat]

#as #nobel
BERITA TERKAIT
Keluar Perjanjian Nuklir, Rusia Pertanyakan AS
Yordania ingin Israel Kembalikan Tanah yang Disewa
Pemerintah Australia Kehilangan Mayoritas Parlemen
WNI Dihukum di Malaysia Terkait ISIS
(Buntut Hilangnya Wartawan) Barat Mundur dari Konferensi Investasi di Saudi
Trump Ancam Tutup Perbatasan AS-Meksiko
Mantan Wakil PM Malaysia Ditangkap

ke atas