EKONOMI

Kamis, 11 Oktober 2018 | 01:09 WIB

Walkot Denpasar Libatkan Warga dalam Pembangunan

Walkot Denpasar Libatkan Warga dalam Pembangunan
Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Denpasar - Pemkot Denpasar gencar melakukan pembangunan yang berbasiskan partisipasi masyarakat. Sesuai akar budaya asli Indonesia yakni gotong royong serta kemandirian.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Wali Kota IGN Jaya, pembangunan Kota Denpasar menjadi lebih efektif dan efisien. "Kami fokus membangun Kota Denpasar berbasiskan partisipasi masyarakat," papar Rai Mantra di Kantor Wali Kota Denpasar, Rabu (10/10/2018).

Rai Mantra menyampaikan, pembangunan berbasis partisipasi masyarakat, harus terus didorong. Dalam hal ini, Pemkot Denpasar hanya berperan sebagai fasilitator.

Seperti halnya kunjungan beberapa waktu lalu dari CEO World Bank yang secara khusus mengapresiasi keberadaan Tukad Bindu sebagai destinasi wisata yang edukatif yang melibatkan masyarakatnya secara langsung, tentu ini harus dicontoh dan diterapkan di wilayah lainnya, kata Rai Mantra.

Dikatakan Rai Mantra, apresiasi dari CEO World Bank membuktikan bahwa pembangunan yang berbasis partisipasi masyarakat, sangat berdampak positif. Melahirkan kemandirian warga dalam upaya memajukan desa/kelurahan yang bermuara kepada kemajuan kota.

Karena semua elemen masyarakat terlibat, hasilnyapun dinikmati oleh semua masyarakatnya, pemerintah sebagai fasilitator yang baik dan dampak jangka panjang akan sangat terasa, tambah Rai Mantra.

Rai Mantra bilang, revitalisasi sungai, revitalisasi pasar tradisional, pengembangan desa wisata, dan program-program keterbukaan informasi publik, serta fasilitas ruang publik, sejatinya tercetus dari gagasan warga dan bermenanfaat untuk warga. "Hal tersebutlah yang menjadi titik penting dalam pembangunan sebuah daerah," paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani siap mendukung segala bentuk program-program desa, khususnya yang melibatkan masyarakatnya. Misalnya, program desa wisata.

Kami siap mendukung, apalagi sekarang desa-desa sudah sangat kreatif. Kami yakin, ke depan pembangunan dengan sistem ini sangat memberikan dampak positif terkhusus untuk sektor pariwisata, terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Pemkot Denpasar, I Wayan Hendaryana. Dia bilang, Pemkot Denpasar melihat antusiasme masyarakat dalam keterlibatan pembangunan di Denpasar sangat besar.

"Kami di Humas sesuai dengan arahan pimpinan, siap mewadahi dan menjembatani aspirasi dan antusiasme masyarakat dalam menyukseskan pembangunan di Kota Denpasar, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, adanya media sosial seperti sekarang ini, memudahkan komunikasi. Sehingga, usulan masyarakat dapat dengan mudah diketahui sebagai acuan dalam mengimpelentasikan program. [tar]

#DesaWisata #PemkotDenpasar #WorldBank
BERITA TERKAIT
BC Jateng DIY Selamatkan Potensi Kerugian Rp55 M
KLHK Raih Penghargaan Bhumandala Kanaka
RI Ungkap Strategi Pangkas Emisi di Talanoa Dialog
Gagal Berantas 'Rentenir' Online, OJK Hanya Pasrah
Indonesia Raih Gold Award pada Egypt CHM Ceremony
BKP Kementan Pantau Gapoktan PUPM-TTI Kubu Raya
Realisasi DMO Batubara Makin Merapat Target

ke atas