METROPOLITAN

Kamis, 11 Oktober 2018 | 12:39 WIB

Anies Teken Kerja Sama Pendidikan Robotik di DKI

Ahmad Farhan Faris
Anies Teken Kerja Sama Pendidikan Robotik di DKI
Gubernur DKI, Anies Baswedan (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI, Anies Baswedan menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi DKI dengan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia tentang edukasi teknologi robotik di Ibukota.

Adapun penandatangan kesepakatan itu berlangsung di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018). "Kerja sama ini kita harap anak-anak sekolah di Jakarta akan punya kesempatan lebih untuk belajar robot," kata Anies.

Menurutnya, kerja sama ini sebenarnya bukan robot target utamanya tapi bagaimana menciptakan karakter anak kedepan adalah kemampuan untuk melakukan inovasi, ekspresi kreatif.

"Ini adalah aspek yang menarik untuk melatik anak-anak kita, perhatikan ada berpikir, kerja, keterampilan, kompetensi, unsur-unsur indera di anak," ujarnya.

Anies berharap anak-anak di Jakarta punya kesempatan yang sama dalam menumbuhkan kemampuan bidang sains, teknologi, enginering, matematika dan seni. Sedangkan, untuk penempatan robot nanti disesuaikan kapasitas.

"Nanti pola kerjasamanya bukan langsung di sekolah tapi ada workshop, nanti disesuaikan kapastias. Dan ini kita rancang untuk anak yang berminat bukan yang wajib, tumbuhkan anak yang minat fasilitasi," jelasnya.

Anies menambahkan, rencananya nanti akan disusun kurikulum terkait pendidikan robotik ini. Pasalnya, jika disebut kurikulum bukan berarti semua anak akan mendapatkan pendidikan robotik tapi bagi mereka yang minat ini kurikulumnya.

Jangan dibayangkan masuk kurikulum setiap anak dapat, nanti anak kita seperti satu tempat yang segalanya dimasukan kurikulum. Sifatnya ekstrakulikuler, tandasnya.

#AniesBaswedan
BERITA TERKAIT
Dishub Lalai, Anies Akan Patuhi Denda Rp186 Juta
Anies Akui Rumah DP Rp0 Bukan untuk Warga Miskin
Anies Ajak Warga DKI Cek Status DPT Pemilu 2019
Anies: Pernahkah Pak Pras Memuji Gubernur?
Aturan Soal Becak, Anies Tunggu Jawaban DPRD DKI
Anies Akan Proses ASN yang Terlibat Kampanye
Hanura Sarankan Anies Wujudkan Transportasi Aman

ke atas