EKONOMI

Kamis, 11 Oktober 2018 | 16:45 WIB

Rupiah Letoi, Fundamental Ekonomi RI Jelas Keropos

Indra Hendriana
Rupiah Letoi, Fundamental Ekonomi RI Jelas Keropos
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Siapa bilang fundamental ekonomi Indonesia kuat? Buktinya, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah terus. Jangan juga menyalahkan faktor eksternal.

Memang kalau dilihat tren rupiah melemah terus berlanjut memang tidak lepas dari faktor fundamental ekonomi kita sebenernya dari internal, kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov, Kamis (11/10/2018).

Dengan fundamental ekonomi yang kurang kuat, terjadi kepanikan dan kehawatiran pasar pada ekonomi di Indonesia. Akibatnya para investor portovolio menarik uang mereka dan berinvestasi ke negara lain.

Nah dari faktor internal memang yang menjadi kekhawatiran adalah sejauh mana pemerintah bisa mereform perekonomian untuk mengurangi defisit neraca berjalan (CAD), kata dia.

Sebab, kata dia, defisit pada neraca berjalan mengakibatkan nilai tukar rupiah pada US$ terus mengalami pelemahan. Hari ini saja nilai rukar rupiah tembus Rp 15.266 /US$. Apalagi sudah tembus Rp15.266 terparah sejak krisis 1998, terakhir krisis 1998 itu rupiah waktu itu rekor Rp 15.250. Hari ini sudah Ro 15.260, kata dia. [ipe]

#Indef #FundamentalEkonomi #Rupiah #Kurs #PresidenJoko
BERITA TERKAIT
DPR Minta BI Jaga Rupiah Meski Mulai Positif
(Paket Ekonomi Jilid XVI) Maksud Hati Selamatkan Rupiah, Apa Daya UKM Korban
Paket Ekonomi Jokowi Lahirkan Kanibalisme UMKM
Jokowi Ajak Kurangi Ketergantungan Satu Mata Uang
Jaga Rupiah, Sri Mulyani Pelototi Ekonomi Dunia
Menkeu Yakin Defisit Transaksi Berjalan Bukan Dosa
Kurs di Bawah Rp14.500/US$, Rupiah Sudah Aman?

ke atas