OLAHRAGA

Jumat, 12 Oktober 2018 | 09:52 WIB

Sosok Fotografer Disabilitas di Asian Para Games

Arif Budiwinarto
Sosok Fotografer Disabilitas di Asian Para Games
Christianto Harsadi (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekilas tidak terlihat ada yang berbeda dengan fisik Christianto Harsadi. Namun, hanya sedikit yang tahu dia merupakan seorang fotografer penyandang disabilitas tuli.

Christianto Harsadi bergabung dengan tim field worker Divisi Media dan PR INAPGOC. Dia bertugas mengabadikan berbagai momen di Asian Para Games 2018.

Pria yang akrab disapa Anto itu mengatakan untuk memperoleh kesetaraan tidak harus dengan orang disabilitas saja, tetapi juga dengan orang-orang non-disabilitas.

Saya menyadari makna disabilitas itu adalah seseorang yang melihat hambatan penyandang disabilitas dalam keterbatasan, bukan penyandang disabilitas yang menghambat mereka, kata Anto.

Maksudnya fotografer disabilitas memotret atlet disabilitas itu baru setara karena sama-sama berjuang menembus batas. Saya melaksanakan misi yang sama seperti visi ialah saya menjadi fotografer profesional dan mengajar fotografi teman-teman disabilitas Indonesia dalam rangka bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN, ia menambahkan.

Kerap berada di sejumlah venue Asian Para Games, sejauh ini ada dua cabang olahraga yang menurutnya punya momen paling berkesan untuk diabadikan.

Pertama renang, kemudian voli duduk juga bagus, tandasnya.

Selain menjalankan tugasnya di balik lensa kamera, Anto juga punya harapan kehadirannya di tepi arena pertandingan bisa ikut memberikan motivasi pada atlet-atlet yang bertanding membawa nama negara.

Teman-teman disabilitas lain harus bisa lebih percaya diri. Percayalah bahwa diri, lanjutnya menambahkan.

Wakil Direktur Media dan PR INAPGOC, Tina Talisa, menyebutkan keterlibatan Anto dan rekan-rekannya adalah bagian dari upaya pelibatan komunitas disabilitas di berbagai peran.

"Kami memang melibatkan teman-teman disabilitas dengan berbagai latar belakang. Seperti Mas Anto memiliki keterampilan di bidang fotografi. Ada juga disabilitas netra yang membantu transkrip dari audio menjadi teks di divisi kami pada Asian Para Games 2018 ini," ujar Tina.

#AsianParaGames
BERITA TERKAIT
Asian Para Games 2018 Resmi Berakhir
(Asian Para Games 2018) Saat Presiden APC Berpantun Pakai Bahasa Indonesia
(Upacara Penutupan Asian Para Games 2018) Wapres: Para Atlet Para Games, Kalian Hebat!
(Asian Para Games 2018) Komodo Raksasa Kejutkan Penonton Closing Ceremony
Indonesia Finis di Posisi 5 Asian Para Games 2018
(Asian Para Games 2018) Apa Rencana Dheva Dapat Bonus 3 Miliar Rupiah?
(Asian Para Games 2018) Raih Medali Perak Jadi Penyesalan Fredy

ke atas