EKONOMI

Jumat, 12 Oktober 2018 | 17:18 WIB

Inilah Kondisi Kelistrikan di Palu dan Donggala

Indra Hendriana
Inilah Kondisi Kelistrikan di Palu dan Donggala
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kelistrikan di Palu dan Donggala kian membaik pasca bencana gempa bumi dan tsunami, dua pekan lalu. Kelistrikan daerah terdampak gempa sudah 81,6%.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, kelistrikan di daerah terdampak becana sudah 102 Mega Watt (MW) dari sebelumnya. Sebelum gempa dan tsunami terjadi, listrik di wilayah ini sebesar 125 MW.

"Sebelum terjadi bencana 125 MW Palu dan sektarnya sekarang 102 MW yang terpasang bebannya. Sekarang itu baru 60 MW jadi masih ada margin tapi PLN akan memulihkan beban seperti sebelum terjadi tsunami," kata Arcandra di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018).

Arcandra menjelaskan kondisi ini karena tujuh gardu induk dan 45 penyulang listrik berhasil dipulihkan oleh tim gabungan PLN.

Diketahui, dalam data PLN selain infrastruktur utama tersebut infrastruktur pendukung tenaga listrik seperti pemulihan 1.798 gardu pendukung kemudian penambahan pasokan melalui 66 genset dengan 54 diantaranya sudah didistribusikan ke Palu, Donggala dan Sigi serta menerjunkan sekitar 1.082 relawan untuk membantu pemulihan kondisi listrik. [ipe]

BERITA TERKAIT
Cetak Sawah di Bone Siap Genjot Produksi Padi
Organda Galau Asing Kuasai Transportasi Publik
(Hut KPR Ke-42) Bank Pelat Merah Ini Dorong Peran Aktif Milenial
Konflik Agraria, Jokowi Diharap Lebih Pro Rakyat
KLHK Ingin Merkuri Jadi Masa Lalu
Jonan Minta Pertamina Lirik Bisnis Petrokimia
KLHK: Penambang Emas Rakyat Jangan Pakai Merkuri

ke atas