NASIONAL

Kamis, 18 Oktober 2018 | 16:11 WIB

Gubernur NTB Harap Warganya Kembali Miliki Hunian

Gubernur NTB Harap Warganya Kembali Miliki Hunian
Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah berharap agar warga korban gempa di wilayahnya segera memiliki tempat tinggal atau hunian. Sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal di tenda.

"Apalagi menjelang musim hujan sekarang ini. Akan banyak persoalan lain. Bisa saja penyakit muncul," ujar Zulkieflimansyah, Kamis (18/10/2018).

Untuk itu, pria yang biasa disapa Doktor Zul itu berharap semua pihak membantu warga guna mempercepat terbentuknya kelompok masyarakat (Pokmas) sebagai syarat pencairan dana bantuan stimulan rumah untuk korban bencana tersebut.

"Kalau Pokmas belum terbentuk maka dana tidak akan dicairkan. Karena dana itu akan disalurkan melalui rekening Pokmas, jelas dia.

Zul juga memastikan bahwa warga penerima bantuan tidak akan menerima uang secara langsung. Warga nantinya akan langsung menerima bantuan berupa pembangunan infrastruktur rumah tinggal.

"Karena dana tersebut nantinya akan ditransfer dari rekening pokmas ke rekening perusahaan suplayer bahan. Atau ditransfer untuk upah tenaga kerja," kata dia.

Zul meyakini pembentukan Pokmas ini akan mempercepat proses bantuan kepada masyarakat. Sekaligus mengantisipasi munculnya persoalan lain pasca penggunaan dana tersebut.

"Ini bagian dari upaya menyederhanakan proses pencairan bantuan. Jika sebelumnya cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Tapi melalui pokmas akan lebih sederhana dan akuntabilitasnya lebih terjamin. Kita tidak ingin masyarakat terjerat masalah," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali mengunjungi NTB langsung mengadakan pertemuan dengan para bupati dan wali kota di daerah terdampak bencana.

Ia berharap, akan ada progres pembangunan, mulai dari fasilitas publik, seperti Sekolah, Rumah Sakit, Rumah Ibadah dan Rumah masyarakat yang menggunakan konsep Risha, Riko dan Rika.

Untuk memastikan pembangunan berjalan lancar dan baik sesuai aturan, Jokowi meminta seluruh pihak-pihak tekait untuk terus melakukan evaluasi terkait proses pencairan dana bantuan dan progres pembangunan yang sedang berjalan.

Hal itu untuk menjamin kualitas pembangunan yang benar-benar tahan gempa dan akuntabilitas keuangan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dimasa yang akan datang. [ton]

#GempaLombok
BERITA TERKAIT
Kabut Asap, Gubernur Bangka Keluarkan Imbauan
BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Aceh
Jokowi Bentuk Tim Komando Operasi Khusus TNI
Jalan-Jalan ke TMII, Anak Pesantren Ini Girang
(Viral Video Pria Bopong Jenazah) Pihak Keluarga Minta Pengunggah Video Minta Maaf
Kyai di Kediri Sepakati Pengendalian Rokok
Jual Sabu ke Warung, Pria Ini Diciduk Polisi

kembali ke atas