EKONOMI

Kamis, 25 Oktober 2018 | 01:19 WIB

Kementan Buka Pasar Lelang Cabai di Tuban

Indra Hendriana
Kementan Buka Pasar Lelang Cabai di Tuban
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pertanian menggelar peluncuran pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Lokasi ini sebagai tempat terbaru bertransaksi cabai.

Sebanyak 50 orang anggota Asosiasi Petani Horti Sumber Rejeki Petani tergabung dalam pasar lelang ini. Pada kesempatan ini hadir Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi menyaksikan dan membuka secara langsung proses lelang cabai perdana.

"Ini sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga di petani serta memotong rantai pasok dengan pola pasar lelang. Petani akan menikmati harga tertinggi dari penawar yang ada," ujar Suwandi, Rabu (24/10/2018).

Selanjutnya Suwandi mengatakan, kegiatan ini memberi perlindungan pada petani untuk jaminan pasar dan kepastian harga. Manfaat lainnya adalah, petani menerima uang tunai dari penjualannya.

"Dampaknya adalah terciptanya stabilitas harga di konsumen," ujar dia.

Dia berharap, bila nanti pasar lelang sudah berjalan rutin, cakupan wilayah dan komoditasnya perlu diperluas. Pemerintah akan memfasilitasi berikut bangsal dan perlengkapannya. Termasuk sarana teknologi informasi online untuk pengiriman data, laporan dan penyebarannya.

"Bahkan setelah berkembang pasar lelang, nantinya dikenalkan pola e-commerce penjualan online, pola resi gudang sayuran dan bentuk pasar lainnya yang lebih efisien, praktis dan up to date," kata dia.

Sebelumnya terdapat 12 pasar lelang yang sudah berjalan yakni Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Magelang, Karanganyar, Wonogiri, Temanggung, Banyuwangi, Kediri, Siborong-borong, Karo, Enrekang dan Cianjur.

Sebanyak delapan pasar serupa di kabupaten lain masih dalam tahap inisiasi. Termasuk di dalamnya Kabupaten Bandung, Sumedang, Probolinggo, Banjarnegara, Kebumen, Ogan Komering Ilir, Pesawaran dan Lombok Timur.

Untuk mengembangkan pasar lelang tersebut, Direktorat Jenderal Hortikultura telah bekerja sama dengan Pemda dan instansi terkait.

Pada saat lelang tersebut harga yang disepakati adalah Rp 23.500 per kg dengan volume 1,5 ton. Mekanisme penawaran dilakukan secara tertutup. Pedagang cukup mengirimkan harga penawaran via SMS atau WA saja. [jin]

#PasarLelang #Cabai #Kementan
BERITA TERKAIT
Kementan Siapkan Asuransi Pertanian Cabai & Bawang
Brunai Darussalam Puji Varietas Padi dari RI
Kapal Ternak Program Tol Laut Kurangi Susut Sapi
BKP Kementan Jajaki Ekspor Beras Ke Malaysia
Jonan: Manfaatkan Potensi Energi Masa Depan
Potensi Gas Sakakemang Terbesar Ke-4 di Dunia
Dirjen PSP Panen Perdana Padi Gogo di Tanah Laut

ke atas