PASAR MODAL

Minggu, 28 Oktober 2018 | 02:03 WIB
Highlight

Bisakah Murdoch Beli Asetnya Lagi?

Wahid Ma'ruf
Bisakah Murdoch Beli Asetnya Lagi?
Rupert Murdoch (Foto: Istimewa)
1


INILAHCOM, New York - "New Fox," perusahaan yang akan tetap ada setelah Rupert Murdoch menjual aset senilai US$71,3 miliar dari 21st Century Fox ke Disney.

Dia adalah pesaing utama untuk membeli kembali RSN yang dijualnya ke Disney sebagai bagian dari transaksi yang lebih besar, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

Jaringan itu menyiarkan game dari 44 tim profesional dari Major League Baseball, National Basketball Association, dan National Hockey League.

Penawaran formal belum datang. Sebagaimana dilaporkan Sports Business Daily, Disney baru-baru ini mengirimkan buku penawarannya kepada calon pembeli. Berita bahwa Fox sedang mempertimbangkan untuk membeli kembali saluran yang sebelumnya, telah dilaporkan oleh The Information.

Tetapi orang-orang yang akrab dengan proses tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena negosiasi bersifat pribadi, mengatakan New Fox adalah pembeli paling serius untuk semua jaringan. Itu hasil yang lebih bersih untuk Disney daripada menjual jaringan sedikit demi sedikit.

Artinya hanya akan mendatangkan pembeli kecil dan perusahaan ekuitas swasta.

Disney adalah penjual yang termotivasi karena tidak bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih besar untuk Fox dilakukan tanpa melepaskan jaringan. Departemen Kehakiman memaksa Disney, yang memiliki ESPN, untuk menjual jaringan untuk mengurangi kekhawatiran tentang terlalu banyak daya pemrograman olahraga di tangan satu perusahaan.

Bahkan, jaringan mungkin tidak akan pernah berpindah tangan, tergantung pada kapan kesepakatan Fox yang lebih besar dari Disney ditutup.

Memenangkan kembali jaringan olahraga akan menjadi kudeta bagi Rupert Murdoch, yang bisa mendapatkan RSN dengan harga lebih rendah daripada nilai saat ia menjualnya ke Disney.

Harga yang didorong naik hampir US$20 miliar oleh tawaran saingan Comcast untuk bundel Aset rubah. Mungkin juga ada manfaat pajak yang bermanfaat bagi Murdoch, terkait dengan amortisasi yang dapat dipotong pajak, kata salah satu orang seperti mengutip cnbc.com.


Pertama, ketika DOJ memaksa Disney untuk menjual RSN untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih besar, jaringan itu tidak pernah menjadi aset permata mahkota untuk Fox, Disney atau Comcast. Fox bersedia menjualnya (dan memang).

Disney mengambilnya karena menginginkan aset lain dari Fox (studionya, sahamnya di Hulu, Star India).

Sementara itu, Comcast melihat RSN sebagai seekor albatros dan sama-sama mau melepaskannya, menurut orang yang akrab dengan pemikiran perusahaan.

Jaringan olahraga regional dulu menjadi nilai tambah besar bagi industri kabel. Mereka membawa hak penyiaran eksklusif ke game lokal, yang datang dengan basis penggemar setia. Sekitar satu dekade yang lalu, jaringan mulai menaikkan biaya kereta, mengetahui penyedia kabel akan menyetujui harga yang lebih tinggi daripada risiko mengasingkan pelanggan dengan menghitamkan jaringan.

Itu menyebabkan kenaikan biaya kabel yang stabil bagi konsumen. Warga pasar seperti New York atau Los Angeles, yang memiliki beberapa tim dan beberapa RSN, membayar biaya hingga US$10 per bulan (dimasukkan ke tagihan kabel bulanan mereka) apakah mereka menonton pertandingan atau tidak.

Dalam beberapa tahun terakhir, penyedia TV berbayar, yang telah melihat jutaan pelanggan memangkas kabelnya, telah mulai melihat RSN secara berbeda. Penyedia telah mendorong untuk mengaturnya ke paket yang menarik bagi penggemar olahraga sembari menjaga biaya lebih rendah untuk orang lain.

Ini telah menurunkan nilai jaringan, yang tidak lagi secara otomatis menjadi bagian dari paket kabel dasar setiap orang.

Beberapa penyedia TV berbayar telah menjatuhkan jaringan olahraga regional, menolak membayar biaya program mereka yang tinggi. Misalnya, SportsNet LA, yang menyiarkan game L.A. Dodgers, yang belum disiarkan oleh DirecTV selama lima tahun berturut-turut.

Jika Fox berakhir dengan jaringan olahraga lagi, sebagian alasannya adalah tidak ada distributor TV berbayar besar lainnya, Piagam, AT & T, Comcast atau Dish, melihat nilai dalam memiliki jaringan.

Sementara CEO Sinclair Broadcast Group, Chris Ripley telah membahas membuat penawaran untuk jaringan dengan dukungan ekuitas swasta, itu akan membutuhkan sedikit bantuan. Kapitalisasi pasar Sinclair hanya US$2,8 miliar.

Jaringan olahraga regional dihargai lebih dari US$20 miliar, menurut analisis Guggenheim Securities.

Masih belum jelas berapa banyak New Fox yang bersedia dibelanjakan untuk jaringan, atau apa nilai Disney mereka. Yang jelas adalah bahwa Disney perlu menjualnya.

Ironi kedua adalah Murdoch dapat begitu berterima kasih kepada saingannya Comcast karena menghasilkan uang jika dia berakhir dengan jaringan.

Ketika Comcast dan Disney berebut untuk membeli aset Fox awal tahun ini, satu hal yang tidak pernah diragukan, Murdoch ingin menjual ke Disney. Beberapa kali, Murdoch menyelaraskan dirinya dengan tawaran Disney melawan Comcast.
#BursaSaham #DolarAS #IHSG
BERITA TERKAIT
Awal Pekan, Bursa Saham Eropa Memerah
IMF Ingatkan Ancaman Perlambatan Ekonomi Global
(Asing Jual Saham Rp1 Triliun) IHSG Sisakan Angka Merah 15 Poin di Posisi 6.111
Wall Street Berpotensi Tergelincir ke Area Negatif
Data China Picu Pelemahan Bursa Asia
Ekonomi Jepang Alami Kontraksi Tajam di Kuartal 3
Rehat Siang, IHSG Keok 29 Poin di Angka 6.097

ke atas