GAYA HIDUP

Selasa, 06 November 2018 | 17:35 WIB

Kalangan Muda Kini Lebih Pintar Belanja

Mia Umi Kartikawati
Kalangan Muda Kini Lebih Pintar Belanja
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Kalangan muda terutama millenial dianggap lebih pintar dalam belanja. Mengapa?

Menurut Henki Wibawa, direktur Eksekutif IPF (Indonesian Packaging Federation), perubahan pergeseran gaya hidup di kalangan remaja sangat mempengaruhi segala aspek industri. Salah satunya dalam soal belanja barang.

Dahulu, menurut Henki, banyak orang ramai - ramai berbelanja barang di supermarket kemudian di bawa ke rumah dan disimpan hingga lama.

Ini menjadikan barang menjadi expired. Berbeda dengan kalangan millenial sekarang. Menurutnya, sekarang anak muda lebih pintar memilih barang sesuai dengan kebutuhannya.

"Perubahan gaya hidup salah satunya sangat mempengaruhi menurunnya industri pengemasan. Kalangan muda, adalah sekarang lebih smart dalam belanja. Mereka akan belanja secukupnya. Kalau seperti saya belanja banyak dan disimpan dan menjadi expired," ujar Henki saat ditemui di acara pameran Plastics & Rubber Indonesia 2018, Jakarta, Selasa, (06/11/2018).

Kemudian, gaya hidup lain yang berubah ditambah dengan kebiasaan sekarang banyak orang yang suka travelling. Mereka sangat membutuhkan kemasan yang mudah dibawa. Ini yang menjadi tantangan industri kemasan untuk melakukan sebuah inovasi baru yang mudah dipakai masyarakat dengan berbagai kondisi.

"Ini yang perlu disikapi. Ini membutuhkan inovasi. Kadang kita belum siap. Kemasan itu tetap tidak terimbas, hari ini kita masih bisa menjual ke dalam negeri untuk pengemasan yang sudah dibuat, namun bahan baku masih menggunakan impor dan kita tidak bisa menaikan harga," tambahnya.

Karena itu, hadirnya Plastic & Rubber Indonesia 2018 pada 14 November 2018 di JIEXpo Kemayoran Jakarta, akan menyajikam beragam tren terkini mulai dari industri plastik, pengolahan minuman, dan solusi pengemasan yang bisa mendukung gaya hidup sehari - hari bagi masyarakat terutama para millenial.(tka)

#kalangan #mudah #kini #lebih #pintar #belanja
BERITA TERKAIT
Tips Cerdas Belanja Saat Harbolnas
Cara Mudah dan Cepat untuk Tampil Cantik
Batik Air Buka Rute Jakarta-Banyuwangi
Ke Beijing, Menpar RI Recovery Dampak Polemik Bali
Takjub, Ini Cara Membuat Alis Hanya Lima Menit
Tak Perlu Membuat Alis Kanan dan Kiri Sama
Ini Karakter Alis Orang Indonesia

ke atas